Gagal Mencuri, Buron Dua Tahun Ditangkap

MALANG – Usaha pencurian burung yang dilakukan Purnomo, gagal dilakukan karena keburu kepergok. Namun bukan berarti dia lolos dari jeratan hukum. Warga Jalan Tunggurono Desa Sumberkembar Kecamatan Dampit ini terus diburu polisi. Rabu malam lalu dia disergap petugas Buser Polres Malang, setelah dua tahun menjadi buronan.
Pria berusia 35 tahun ini, diringkus saat nongkrong bersama temannya di sebuah warung bakso di sekitar Jalan Raya Dampit. Ketika ditangkap tersangka Purnomo sempat bingung. Namun setelah dijelaskan bahwa dia dibekuk karena kasus percobaan pencurian burung di Desa Srimulyo Kecamatan Dampit, tersangka akhirnya pasrah.
“Tersangka berhasil kami amankan setelah sebelumnya mendapat informasi tentang keberadaannya. Dia kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun kurungan penjara,” ungkap Kasatreskrim Polres Malang, AKP Muhammad Aldy Sulaeman.
Diperoleh keterangan, aksi pencurian yang dilakukan Purnomo ini, terjadi pertengahan 2012 lalu. Tersangka bersama dua orang temannya yaitu Robik dan Roman, keduanya warga Baturetno Dampit, berboncengan tiga sepeda motor menuju Desa Srimulyo Kecamatan Dampit. Tujuannya mencuri burung di rumah Ahmad warga sekitar.
Meski berhasil masuk rumah, namun aksinya gagal setelah tepergok oleh korban. Dua teman Purnomo, Robik dan Roman berhasil ditangkap sesaat setelah kejadian. Sedangkan Purnomo berhasil kabur. Setelah dua tahun diburu, Purnomo akhirnya berhasil ditangkap. “Saya kira sudah tidak lagi dicari polisi. Tidak tahunya, kasus yang sudah dua tahun lalu masih diusut dan saya ditangkap,” tutur Purnomo bapak satu anak ini.(agp/lim)