Uji Labfor Tunggu Sepekan

LABORATORIUM Forensik (Labfor) Cabang Surabaya, menurunkan tiga petugasnya untuk melakukan olah TKP di Pasar Blimbing, kemarin siang. Hasil uji lab yang akan menyimpulkan penyebab kebakaran, baru keluar sekitar pekan depan.
Dua perwira pertama dan seorang bintara Polri dari Labfor Cabang Surabaya, diturunkan untuk olah TKP. Yakni, pemeriksa muda Sub Bidang Fisika Komputer Forensik, AKP Agus Santoso, ST, Perwira Urusan Sub Bidang Fisika Komputer Forensik, AKP Drs Sudriyo dan Bintara Pemeriksa Pembantu Sub Bidang Fisika Komputer Forensik, Aiptu Nursalim.
Tiga petugas itu, tiba di Pasar Blimbing sekitar jam 13.20 WIB dan langsung olah TKP hingga jam 15.30 WIB. ’’Kami membawa barang bukti berupa abung arang dan kabel instalasi listrik,’’ kata AKP Drs Sudriyo.
Selama olah TKP berlangsung, tiga petugas itu melakukan pemeriksaan secara detail. Tak hanya kabel saja, arang pun ikut diperiksa secara detail. Para pemilik kios yang ludes terbakar, juga dihadirkan untuk dimintai keterangan. Begitu juga dua petugas keamanan pasar, Purnomo dan Witono.
Usai olah TKP, mereka langsung meninggalkan lokasi tanpa memberi keterangan hasil olah TKP secara detail. ’’Harus uji lab dulu. Waktu uji lab seminggu. Semua temuan akan diperiksa di lab,’’ kata AKP Agus Santoso, ST.
Karena itu dia belum menyimpulkan penyebab kebakaran. ’’Dugaan sementara juga belum,’’ terangnya.
Kapolsekta Blimbing, Kompol Agus Guntoro mengatakan, saat ini lokasi kebakaran memang masih harus di beri police line. Tujuannya untuk mengamankan tempat yang terbakar dan memudahkan petugas jika masih membutuhkan sample untuk pemeriksaan.
’’Police line akan dilepas jika sudah ada perintah dari kami. Kita usahakan secepatnya bisa melepas police line. Ya kalau bisa sebelum dua hari ini sudah dilepas,’’ kata Agus Guntoro.
Pamen Polri dengan satu melati dipundak ini menambahkan, sebelumnya petugas juga telah meminta keterangan tiga pedagang pasar dan seorang petugas keamanan. Kini pihaknya masih menunggu hasil uji labfor.
Sementara itu untuk antisipasi penjarahan barang dagangan di pasar, Polsekta Blimbing mensiagakan empat personilnya pada setiap hari. Empat petugas Polisi itu dibantu empat petugas keamanan Pasar Blimbing. (van/avi)