Trailer vs Xenia, Sopir Saling Tunjuk

Kondisi Daihatsu Xenia

MALANG – Kecelakaan kembali terjadi di jalur Black Spot Therapy Pakisaji – Kepanjen, kemarin siang. Tepatnya persis di pertigaan Jalan Raya Bendo Kecamatan Pakisaji. Sebuah truk trailer L 8145 VC bertabrakan dengan mobil Daihatsu Xenia N 1456 DG.
Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Pengemudi truk trailer Tahmid, 54 tahun, warga Banyuwangi selamat. Begitu juga dengan Arisandi, 30 tahun, warga Desa Jatikerto Kromengan pengemudi mobil Xenia yang juga tidak mengalami luka. Namun kedua kendaraan tersebut, mengalami kerusakan cukup serius.
“Kami masih menyelidiki kasus kecelakaan itu. Yang jelas kasusnya sudah kami tangani,” ujar Kanitlaka Polres Malang Iptu M Lutfi.
Kecelakaan tersebut, terjadi sekitar pukul 14.00. Bermula dari kendaraan mobil Xenia yang melaju dari utara ke selatan dengan kecepatan sedang. Mobil yang dikemudikan Arisandi, berpenumpang tiga orang. Selain Arisandi, ada Engga, kakaknya serta anak Devi, 3 tahun anak Engga.
Arisandi perjalanan pulang ke rumahnya di Jatikerto Kromengan setelah menjemput kakaknya dari Samarinda di Juanda Surabaya. Ketika melintas di lokasi kejadian, mendadak dari arah selatan ke utara, truk trailer yang semula berjalan lurus tiba-tiba oleng kanan hingga terjadi tabrakan.
“Tadi saya melihat truk itu lurus dan berada di belakang mobil sedan. Tetapi karena mobil sedan belok kiri, dan posisi truk terlalu mepet, akhirnya langsung dibanting kanan melewati batas marka tengah hingga terjadi tabrakan,” tutur Arisandi, dengan nada sedikit menyalahkan sopir truk.
Sementara Tahmid, sopir truk trailer juga tidak mau disalahkan. Dia memang mengaku sedikit banting setir ke kanan karena di depannya ada mobil sedan yang belok kanan tanpa memberi aba-aba. “Tetapi saat mau terjadi tabrakan saya sudah berusaha mengerem dan terlihat ada bekas rem. Namun kalau mobil Xenia itu sama sekali tidak mengerem, dan melaju kencang dari utara,” jelas Tahmid yang juga menyalahkan sopir mobil Xenia.(agp/aim)