Dua ABG Mulai Belajar Mencuri

BATU - Pagi-pagi buta memanjat dinding pagar Hotel Metropole hanya untuk mencuri helm. Itulah yang dilakukan Rudi Hartanto alias Encis (18) warga Jalan Indragiri, Dusun Sumbersari, Desa Sumberejo, dan Ahmad Husnul Fahrudin (17) warga Jalan Melati Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, yang kemarin berhasil diringkus polisi.
Kali pertama yang ditangkap petugas Reskrim Polsek Batu, adalah Ahmad Husnul Fahrudin. Dari pengakuannya itulah, polisi beralih menciduk Encis. ”Saya baru tiga kali ini mencuri helm yang kami jual hanya untuk membeli makan,’’aku Encis, yang bekerja menjadi kuli bangunan ini.
Memang keduanya ketika mencuri helm di hotel tersebut, tidak langsung tertangkap tangan walaupun kejahatan mereka sempat dihadang warga sekitar. Encis dan Husnul kabur dengan meninggalkan motor yang dipergunakan sarana mencuri.
Dari identitas kendaraan itulah, polisi mengawali penyelidikan lewat Kantor Samsat Kota Batu sehingga bisa diketahui  milik orangtua Husnul sekaligus alamatnya.” Dari keterangan pemilik motor, malam itu memang kendaraan digunakan oleh tersangka Husnul,’’jelas Kanit Reskrim Polsek Batu, Iptu Tukiman.
Sementara tiga kali pencurian yang mereka akui itu, dilakukan parkiran sekolahan, parkiran Stadion Brantas dan di Hotel Metropole. Kedua tersangka pun selama ini kerap nongkrong di perempatan BCA bergabung dengan anak jalanan.” Tersangka (Ahmad Husnul Fahrudin) kami limpahkan ke Polres, karena yang bersangkutan masih dibawah umur,”tambah Tukiman. (mik/lyo)