Dendam Kesumat, Sapi Tetangga Diembat

MALANG-  Terbakar rasa dendam, Suwarno, 48 tahun, warga Dusun Polaman, Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, harus meringkuk di balik rutan Mapolres Malang sejak Rabu lalu. Dia ditahan bukan karena kasus penganiayaan atau pembunuhan, namun atas tuduhan pencurian seekor sapi milik tetangganya, Ujit.  “Saya terpaksa mencuri sapi milik Ujit itu karena dendam. Kalau tidak ada rasa dendam tidak mungkin saya mencuri,” tutur tersangka Suwarno, kepada Malang Post.
Menurut bapak empat anak ini, aksi pencurian yang dilakukannya terjadi sekitar dua minggu lalu. Aksi pencurian karena dia dendam dengan korban. Sekitar setahun lalu, dia membeli seekor sapi pada korban seharga Rp 9,5 juta. Uang pembelian tersebut sudah diberikan kepada korban.
Namun setelah uang diberikan, ternyata sapi yang dijual kepada tersangka malah dijual lagi kepada orang lain. Ketika diminta, korban hanya berjanji untuk mengembalikan. Tetapi sampai setahun, ternyata uang tidak kunjung dikembalikan. Lantaran merasa sakit hati inilah, Suwarno lalu merencanakan aksi pencurian.
Sekitar dua minggu lalu, ketika sapi korban dilepas di sawah, secara diam-diam oleh tersangka dicuri dan dibawa kabur. Tetapi aksinya saat itu tidak berjalan mulus. Sebab baru berjalan sekitar 50 meter aksinya kepergok warga yang langsung meneriaki maling. “Ketika ketahuan sapinya langsung saya tinggal. Saya langsung lari pulang ke rumah. Sapi itu hendaknya akan saya jual sebagai ganti uang saya dulu,” ujar tersangka. Kasatreskrim Polres Malang, AKP Muhammad Aldy Sulaeman SIK mengatakan penangkapan tersangka Suwarno ini berdasarkan penyelidikan setelah mendapat laporan dari korban. (agp/mar)