Tak Miliki Kitas,Segera Dideportasi

MALANG - Dua warga negara Tiongkok, Zhangping Liu dan Chishheng Zhang ditangkap petugas  Kantor Imigrasi Klas I Malang,kemarin.  Penangkapan itu dilakukan lantaran keduanya tidak memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas).
Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Penindakan Imigrasi (Wasdakim) Kantor Imigrasi Klas I  Malang, Romi Yudianto menjelaskan bahwa mereka berdua ditangkap di Prigen, Pasuruan ketika melakukan survei kayu Sonokeling di beberapa tempat usaha di daerah tersebut.
"Mereka melakukan kegiatan penjualan kayu, sedangkan visa yang digunakan yaitu visa wisata. Seharusnya mereka punya Kitas untuk izin tinggal sementara," kata Romi kepada Malang Post kemarin.
Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kedua orang ini melanggar UU No. 6 tahun 2011 pasal 122 tentang penyalahgunaan izin tinggal. Ke depan, pihak Kantor  Imigrasi Klas I Malang akan segera melakukan deportasi ke negara asal mereka. Untuk waktunya masih belum ditentukan. masih diurus kelengkapan dan semacamnya,” tandas Romi Yudianto.
Ditambahkan bahwa  pihak Kantor Imigrasi  Klas I Malang sebelumnya telah melakukan deportasi terhadap 32 warga negara asing yang tertangkap. "Pada bulan April sebanyak 27, dan sisanya pada bulan Mei. Total sudah 32 orang," imbuhnya.
Adapun rincian warga negara asing yang dideportasi pada bulan April 2014 lalu yakni warga negara Vietnam 1 orang, Kamboja 8 orang, Tiongkok 10 orang, Timor Leste 3 orang, Papua Nugini 1 orang, India 1 orang, Belanda 2 orang, dan Jerman 1 orang.
"Rata-rata pelanggarannya ada yang izin tinggalnya habis. Paling banyak karena overstay. Mungkin karena ketidaktahuan mereka. Sisanya dikarenakan penyalahgunaan izin tinggal" pungkasnya. (rul/nug)