Kuswanto Masuk DPO Polres Malang

KUSWANTO alias Curut, 26 tahun, warga Desa Argosuko, Poncokusumo yang ikut ditangkap Timsus Cobra I Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim ternyata sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Satreskrim Polres Malang. Dia diduga kuat juga pelaku perampokan terhadap  Ketua Tim Sukses Partai Nasdem Poncokusumo, Suminto, 51 tahun, warga Desa Karanganyar RT29 RW12 Poncokusumo. Rumah juragan pepaya ini dirampok Jumat (25/4) dini hari.
Setelah mengancam dengan celurit dan pistol air soft gun, delapan pelaku membawa kabur satu unit mobil Isuzu Panther, tiga unit motor yakni Honda Supra, Honda Beat dan Mini trail 50 cc, uang Rp 8 juta dan perhiasan emas. Kapolsek Poncokusumo, AKP Timbul Wahono menduga perampokan itu melibatkan Kuswanto. “Ada dugaan dia terlibat. Namun alat buktinya masih kurang. Sekarang ini, kami akan berikan hasil penyidikan kepada Polres Malang untuk bisa dikembangkan kepada tersangka Kuswanto,” paparnya.
Sumber Malang Post menjelaskan, dugaan kuat Kuswanto terlibat perampokan di rumah Suminto karena keduanya merupakan satu tim sukses dalam Pemilihan Legislatif (Pileg), bulan April lalu. “Kuswanto pernah dimarahi oleh korban. Tidak tahu karena apa. Namun ada warga yang mendengar, setelah dimarahi itu, Kuswanto mengaku akan balas dendam,” terang sumber yang minta dirahasiakan namanya ini. Nah, begitu peristiwa perampokan terhadap Suminto muncul, polisi pun mengembangkan penyelidikan ke rumah Kuswanto.
Sayangnya, ketika tiba di rumah Kuswanto, tersangka yang ditembak kakinya oleh Timsus Cobra I Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim ini sudah menghilang. Jejaknya seakan hilang tertiup angin. Informasinya, dia kabur ke wilayah Karangploso. “Tetapi ketika memeriksa rumah Kuswanto, ada beberapa pakaian yang diamankan. Begitu ditunjukkan kepada korban, diakui itu adalah pakaian salah satu pelaku perampokan,” ujar dia. Sementara itu, Kasatreskrim Polres Malang, AKP Wahyu Hidayat mengaku membentuk tim untuk melakukan koordinasi dengan Ditreskrimum Polda Jatim. (sit/mar)