Taksi Argo Perdana Dilalap Api

BATU - Kawasan Jalan Patimura Dusun Mbesul, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Senin malam sekitar pukul 23.15 berubah terang benderang lantaran sebuah mobil Taksi Argo Perdana, berselimut kobaran api. Beruntung warga sekitar cekatan memberi pertolongan, sehingga dari petaka tersebut sang pengemudi tidak sampai mengalami luka bakar. Untungnya lagi, taksi dengan pangkalan utama di Kota Batu, yang malam malam itu melaju pelan dari arah Kota malang ini, tidak sedang mengangkut penumpang.
Begitu api berkobar, pengemudi langsung keluar sambil berteriak minta tolong. Responnya, warga berdatangan dengan membawa air plus peralatan seadanya. Kepala UPT PMK Kota Batu, Santoso Wardoyo mengatakan, kebakaran mobil taksi, N 1031 CX itu, diperkirakan akibat arus pendek pada bagian accu yang bautnya kendor. Posisi baut yang kendor itu, terus menimbulkan gesekan sekaligus memercikan api.
“Bagian mesinnya terbakar total, beruntung dapat dipadamkan oleh warga. Karena saat petugas PMK tiba di lokasi, api sudah padam semua,” katanya. Dia menyebut, kebakaran seperti itu sudah kerapkali terjadi di kota apel ini. Sebelumnya kebakaran sepeda motor di depan SMAK Yos Sudarso Jalan Panglima Sudirman, dan sebuah mobil. Menurut Wardoyo, terjadinya kebakaran seperti itu lantaran mobil tidak dilengkapi apar.
Padahal dalam Perda Nomor 11/ 2012 tentang Resiko Kebakaran dan Pencegahan Penanggulangan Kendaraan Bermotor, sudah tertera jelas. Seharusnya, terang dia, dalam mobil umum maupun maupun pribadi tersedia apar. Untuk mobil angkutan umum maupun taksi ukuran standar apar yang seharusnya disiapkan adalah 1 Kg. Sedangkan kendaraan seperti bus, truk dan kendaraan besar lainnya sekitar 1,5 kg. ”Hal ini diterangkan dalam pasal 31 bahwa pemilik kendaraan umum dan khusus, wajib menyediakan alat pemadam kebakaran,”terang bapak dua orang anak itu. (mik/lyo)