CCTV Saja Tak Cukup

Aksi perampokan yang dialami toko modern Alfamart Mondoroko-Singosari pada Sabtu dini hari, masih terus diselidiki Polisi. Antisipasi perampokan sebenarnya sudah diantisipasi toko Alfamart dengan CCTV. Pihak Alfamart, kemarin menyatakan selain CCTV juga sudah menambah personil pengawas freelance.
Namun menghadapi aksi perampokan yang makin marak, nampaknya CCTV saja tak cukup. Tampaknya harus ada elemen pengaman lain yang dilibatkan. Corporate Communication Regional Manager PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk, M Faruq Asrori berharap Polisi bersikap tegas. “Mengenai kejadian kemarin (perampokan), harapan kita semua pelakunya bisa tertangkap. Karena, kejadian seperti ini terus terulang dan terulang. Sementara yang dijadikan sasaran perampokan, selalu toko modern,” kata Faruq sapaan akrabnya.
Menyinggung masalah keamanan, Faruq menjelaskan, sebenarnya dari pengelola toko modern khususnya Alfamart sudah memenuhi antisipasi yang diimbau petugas kepolisian. Diantaranya, seperti mengenai pemasangan CCTV. Hanya saja, cara yang dilakukan itu juga kurang maksimal.
“Khusus Alfamart, selain CCTV kami juga telah memasang alarm tanda bahaya di dalam toko. Termasuk, sampai menyewa orang freelance untuk membantu pengawasan. Sayangnya, langkah yang dilakukan ini masih kurang maksimal. Dibuktikan, masih adanya pelaku yang nekat merampok,” imbuhnya.
Menanggapi sejumlah kejadian itu, pihaknya berharap, agar polisi kian serius dalam menangkap pelakunya. Mengingat, dari bantuan CCTV toko modern, beberapa pelaku pastinya teridentifikasi.
“Harapan kami, ketika imbauan sudah dilaksanakan, maka kenyamanan bisa dirasakan. Termasuk, menangkap pelaku aksi perampokan dari bantuan CCTV,” lanjutnya kepada Malang Post.
Sebagaimana diberitakan, Sabtu dini hari sekitar pukul 02.30 di Alfamart Mondoroko-Singosari, tiga kawanan rampok bersenjata badik menyatroni toko modern yang tengah sepi pembeli. Dua orang karyawan yang saat itu jaga di dalam toko, berhasil diancam dua pelaku yang bertugas masuk. Dari aksi itu, kawanan pelaku berhasil membawa kabur uang Rp 19,5 juta.(sit/ary)