Bus Wisata PKK Tabrak Pohon

BATU -  Kemacetan arus lalu lintas di jalur utama menuju/keluar Kota Batu, Minggu sore kemarin malah mengakibatkan Bus Pariwisata W 7191 UA mengalami kecelakaan. Bus mengangkut 64 anggota PKK Mojosarirejo, Direjo, Gresik, itu menabrak dua pohon di pingir Jalan Soekarno Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo akibat rem blong.
Akibat kecelakaan bus sepulang dari Selecta, itu 15 penumpang mengalami luka ringan yang rata-rata pada tangan dan kaki mereka. Pantauan Malang Post di lokasi kejadian, hingga petang kemarin tidak terlihat ada polisi maupun Dishub untuk penanganan awal maupun pengaturan arus lalu lintas di sekitar TKP dekat outlet Madu Kota Batu. Kondisi kemacetan dari dua arah pun makin parah.
Sambil menunggu pertolongan awal, penumpangpun pilih beristirahat di sekitar lokasi.” Beruntung tidak ada yang luka parah cuma luka ringan. Karena saat kejadian penumpang banyak yang tidur,”ungkap Hari salah satu penumpang yang mengalami luka ringan di bagian tangannya.
Menurutnya, kecelakaan murni disebabkan masalah tehnis pada bagian kendaraan. Sejak berangkat dari Gresik hingga perjalanan pulang, sang sopir melajukan busnya dengan kecepatan standart tidak ugal-ugalan. ” Semua penumpang shock, apalagi kami juga bawa anak kecil,”tuturnya.
Bus tersebut dikemudikan Itoyo (35) tahun warga Gresik, juga mengakui kondisi jalan dari arah Batu-Malang sedang macet total lantaran bersamaan wisatawan pulang dari obyek wisata di Batu. Kondisi itulah yang membuat laju kendaraan sangat pelan.
Ketika kendaraan di depan Itoyo berhenti, dia secepatnya menginjak rem yang ternyata tak berfungsi. Lantas, Itoyo pun banting setir ke arah kanan yang kebetulan arus lalu lintas dari arah Malang sedang sepi, sehingga menabrak pohon.
” Daripada menabrak mobil di depan, saya banting aja ke arah kanan. Penumpang teriak histeris, dan begitu laju bus terhalang pohon mereka langsung semburat keluar,”ungkapnya.
Warga sekitar, Rismawati mengaku terkejut ketika mendengar suara hantaman yang begitu keras.”Penumpangnya teriak-teriak semua lalu berhamburan keluar, untung gak ada yang meninggal,”ungkapnya.
Kecalakaan tersebut menyusul kejadian sepekan lalu di Proliman Junrejo. Truk tronton mengangkut mebel, remnya juga blong sehingga terjadi kecelakaan karambol dan menabrak toko, hingga petaka itu mengakibatkan  seorang anak berusia lima tahun. (mik/lyo)