Bayar Utang, Gondol Motor Teman

TUMPANG- Jamal, 35 tahun, warga Dusun Bunder Desa Wringinsongo Kecamatan Tumpang, awal pekan kemarin diamankan petugas Satreskrim Polres Malang. Tersangka ditangkap atas tuduhan penggelapan sepeda motor Yamaha Vega R N 2469 AS, milik teman kreja sendiri yakni Sugeng, 43 tahun, warga Desa/Kecamatan Sumberpucung.
“Tersangka kami tangkap di rumahnya tanpa perlawanan. Sedangkan barang buktinya, masih kami selidiki. Karena menurut pengakuan tersangka, sepeda motornya sudah digadaikan oleh seseorang yang sedang kami cari saat ini,” ujar Kast Reskrim Polres Malang AKP Wahyu Hidayat, kepada wartawan Senin (7/7).
Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa penggelapan itu sendiri terjadi awal bulan Februari lalu. Tempat kejadian perkara (TKP) penggelapan sendiri berada di Embung Air Desa Wringinsongo Kecamatan Tumpang. Saat itu, tersangka sebelumnya sudah janjian dengan korban untuk bertemu di tempat tersebut untuk meminjam sepeda motor.
Diketahui saat itu tersangka meminjam sepeda motor milik korban, untuk menagih hutang dan berjanji dikembalikan dua hari kemudian. Dua hari setelah meminjam sepeda motor tersebut, tersangka datang bersama istrinya ke rumah korban. Anehnya, tersangka datang ke rumah korban, tanpa membawa sepeda motor pinjaman tersebut.
Setelah ditanya oleh korban tentang keberadaan sepeda motornya, tersangka menjawab masih dipinjam anaknya. Sedangkan tersangka berjanji bila terdapat apa-apa dengan sepeda motor milik korban akan diganti uang senilai Rp 15 juta. Setelah ditunggu hingga bulan Julu, sepeda motor korban tidak kunjung dikembalikan.
Karena curiga, akhirnya korban melaporkan peristiwa tersebut ke Mapolres Malang. Petugas yang menerima laporan tersbeut, langsung bergerak menangkap tersangka. Atas perbuatan itu, tersangka dijerat dengan pasal 372 tentang penggelapan yang ancaman hukumannya maksimal empat tahun kurungan penjara.
Tersangka mengaku menggandaikan sepeda motor temannya sendiri, lantaran terbelit hutang. “Sepeda motornya saya gadaikan sebesar Rp 5 juta. Sedangkan uangnya habis sudah saya pergunakan untuk membayar hutang,” kilah tersangka. (big/aim)