Dulu Narkoba, Kini Beralih Nyuri HP

Dede Aradea (kiri) warga Jalan Karate-Ngaglik

BATU- Niat semula membeli rokok, namun begitu ada kesempatan berbuat jahat, HP di warung pun diembat. Itulah yang dilakukan Dede Aradea alias Dedet (50) warga Jalan Karate, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu. Perbuatan itu dia lakukan di Warung Langgeng Jalan Samadi Desa Pesanggrahan, sekitar pukul 18.00. Namun aksinya diketahui tetangga korban.
Dalam penyidikan di kepolisian, Dede mengakui memang bertujuan membeli rokok. Ketika berulang kali pemilik warung dipanggil tidak merespon, dia pun beralih menyikat dua HP yang tersimpan di dalam toples, kemudian disembunyikan di balik jaketnya.
” Kebetulan pemilik warung sedang ambil wudhu. Begitu kembali ke warung ternyata HP miliknya sudah lenyap,”ungkap Kasubag Humas Polres Batu, AKP Waluyo, Jumat kemarin.
Kebetulan kejahatan tersebut diketahui tetangga korban, sehingga Adnan Basuki pemilik warung dengan tekad bulat mengadu ke Polsek Batu. Dede Aradea, memang selama ini masuk dalam catata kepolisian sehingga petugas tidak perlu melakukan penangkapan malam itu juga.
Penangkapan baru dilakukan kemarin, sekitar pukul 04.00 dinihari. “Saat diperiksa ternyata benar barang bukti masih berada di jaket yang dia kenakan,”ungkapnya.
Dedet yang pekerjaanya menjadi kuli bangunan dan jukir ini, mengaku iseng saja mengambil Hp tersebut lantaran pemilik warung dia anggap tidak ada.“ Iseng aja Mas, habisnya pemilik warung tidak muncul-muncul,”aku Dede yang mengaku menyesal.
Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa sejak kasus Narkoba, Dedet diduga kerap membuat ulah di perkampungan RW 11 Kelurahan Ngaglik, itu. ’’ Dede juga pernah ditangkap sekaligus diadili dalam perkara narkoba,’’terang Kanit Reskrim Polsek Batu, Iptu Tukiman, tadi malam. (mik/lyo)