Terbongkar, Satpam Jl Darsono Mencuri

M. Zaenal Qarim.

BATU- Pagar makan tanaman, kiasan itu nampaknya pantas disandangkan pada Satpam Muhammad Zaenal Qarim (25). Dia nekad mencuri barang berharga di kompleks pembangunan Hotel Amartha Hills, yang notabene tempatnya bekerja.
Warga Jalan Darsono Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, itu mencuri disaat bertugas malam, Jumat (11/7). Karena posisinya sebagai Satpam, diapun  bisa dengan mudah membuka gudang yang di dalam tersimpan kamera, meteran dan jaket milik salah satu karyawan.
Selanjutnya, barang curian tersebut disembunyikan di sebuah tempat dan saat lepas dinas baru dibawa pulang. Baginya, Saiful Anam Nazrullah sang pemilik barang merasa kaget karena barang-barangnya sudah lenyap dari lokasi penyimpanan semula. Disisi lain, piket jaga sudah berganti atau giliran petugas piket pagi. “Semula tidak ada yang mengaku saat ditanya oleh korban, makanya dia melapor ke Polsek Batu,”ungkap Kanit Reskrim Polsek Batu, IPTU Tukiman.
Laporan tersebut ditindaklanjuti petugas, dan Andi Prima selaku petugas Kamtibmas melakukan penyelidikan. Dua Satpam piket malam diinterogasi, dan Slamet Mulyono membeberkan bahwa yang mengambil barang tersebut adalah M. Zaenal Qarim. Namun Mulyono minta agar petugas tidak membuka siapa yang memberi informasi itu.
M. Zaenal Qarim diintrograsi, dan mengakui sekaligus menyebut barang-barang tersebut masih tersimpan di rumahnya. “ Kami pun melakukan penggeledahan ditemani M. Zaenal,’’urai mantan Kanit Reskrim Polsek Bumiaji ini.
Keterangan yang dihimpun, Mulyono sendiri tidak tahu kapan tersangka melakukan pencurian itu. Akan tetapi dia sempat melihat bahwa Zaenal membawa jaket dan kamera itu. “Barang apa itu dapat darimana,”kenang Mulyono ketika bertanya pada Zaenal.
“Tidak usah ngomong pada siapa-siapa, diam saja,”jawab M. Zaenal merespon pertanyaan Mulyono. “ Mulyono sendiri ketika itu tidak mau ikut bertanggungjawab jika nanti ada apa-apa. Toh begitu, tersangka tetap membawa pulang hasil curiannya,’’papar Tukiman. (mik/lyo