Jalan Sendiri, Eks Mobil Kapolri Bunuh Sopir

BATU - Sebuah misteri terjadi di pintu keluar Jatim Park-2 Kota Batu, Selasa dini hari kemarin. Mobil Toyota Land Cruiser Cygnus nopol B 800 BH yang berhenti di jalan itu dengan rem tangan difungsikan, tiba-tiba melaju sendiri lalu terperosok. Sang sopir pun ditemukan tewas, dengan kondisi kepala serta separuh badannya terjepit di kolong kendaraan.
Sopir mobil yang terperosok di samping perumahan Batu Green Park itu, bernama Sutikno, warga Dusun Sambijajar, Desa Dreges, Kertosono-Nganjuk. Diperkirakan dia mengalami luka bagian dalam, lantaran mulutnya mengeluarkan darah.
Sebelumnya, keberadaan Sutikno di kawasan Jatim Park-2 tak lain mengantarkan tamunya yang bermalam di Pohon Inn, Doni putera mantan Menkopolhukam, Widodo S. Doni dijemput Sutikno  dengan menggunakan mobil tersebut pada Jumat (11/7) dari Abd Saleh.
Dari pengamatan CCTV Jatim Parkr-2, bisa diurai bahwa kecelakaan tunggal itu berlangsung pukul 03.45. Terlihat mobil berhenti di pintu keluar Jatim Park 2, kemudian sopir keluar bertujuan membuka palang portal yang kebetulan sedang tidak dijaga.
Retang 30 detik setelah korban turun dari mobil, tiba-tiba kendaraan warna hitam itu melaju menabrak portal pintu dan taman pembatas jalan. Pada saat bersamaan, korban yang posisinya di depan kendaraan berupaya menghentikan mobilnya itu hingga keduanya terperosok masuk parit-parit.
“Hasil rekaman CCTV menunjukkan, saat korban turun dari mobil masih menyempatkan menarik handrem, dan mobil pun berhenti sebelum akhirnya jalan sendiri,” jelas Kasubag Humas Polres Batu, AKP Waluyo, Selasa (15/7).
Polisi tiba di lokasi kejadian untuk olah TKP dan evakusai, sekitar pukul 07.30. Barang bukti yang ditemukan, STNK mobil atas nama Bambang Hendarso Danuri, mantan Kapolri. Saat ini mobil sudah dibeli oleh pengusaha asal Gresik, nemun belum balik nama.
Dendi M, Satpam Jatim Park-2 mengatakan, bahwa saat kejadian pihaknya sedang patroli, dan ketika balik ke pos dia melihat palang portal sudah terbuka.
Sekitar pukul 04.00, Nurali (44) pemilik rumah Griya Imafa, ketika berangkat ke masjid, dia  melihat mobil kondisinya sudah terperosok dengan mesin dan lampu depan meyala. Nurali melongok ke dalam mobil, namun tak ada orang sehingga dia hanya mematikan mesin mobil, lalu pergi ke masjid.
Hendra Security Jatim Park 2 mengungkapkan, bahwa Senin malam sekitar pukul 12. 00, Sutikno sempat curhat bahwa mobil yang dinaikinya kurang bagus dan bermasalah pada bagian remnya. Rencananya, Selasa pagi dia mengantarkan penumpangnya ke Bandara Abd. Saleh.
“Saya sudah cek CCTV Jatim Park 2, dan mobil melaju setelah ditinggal sopir saat akan membuka portal pintu keluar,” jelas Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Adi Sunarto. (mik/lyo)