Rumah “Cincang” Motor Curian Digrebek, Pelaku Kabur

JABUNG- Aparat Polsek Jabung berhasil membongkar sindikat Curanmor yang melakukan pretelan (cincang) motor-motor hasil curian. Puluhan potongan sepeda motor berhasil diamankan petugas di salah satu rumah di Desa Kemiri. Kecamatan Jabung dini hari kemarin. Sayangnya, pelakunya berhasil kabur saat digrebek oleh petugas.
“Identitas pelakunya sudah kami kantongi berninisal DL. Petugas kami saat ini tengah memburunya. Diperkirakan pelakunya masih bersembunyi di wilayah Kecamatan Jabung,” ujar Kapolsek Jabung AKP Yatmo kepada Malang Post kemarin.
Puluhan pretelan sepeda motor yang berhasil diamankan itu diantaranya ban dengan peleknya, plat nomor palsu, setir, skok, mesin, bodi sepeda motor, spion dan spido meter. Selain itu, di tempat tersebut petugas juga menyita tiga buah senjata tajam yakni celurit, parang dan kapak, yang diduga digunakan oleh pelaku untuk melancarkan aksi kejahatan.
Tidak cukup itu saja, petugas juga berhasil menyita tiga buah kunci T dan tiga dua buah sepeda motor hasil kejahatan. Dua buah sepeda motor itu yakni satu unit Honda Mega Pro N 3488 JD dan satu unit Yamaha RX King tanpa dilengkapi plat nomor.
Yatmo menjelaskan, keberhasilan pihaknya membongkar kejahatan itu bermula dari laporan Mujib warga Desa Kemiri Kecamatan Jabung yang kehilangan sepeda motor. Korban kehilangan sepeda motornya di Desa Sidomulyo Kecamatan Jabung Senin (21/7). Menerima laporan tersebut, petugas langsung bergerak cepat melakukan penyelidikan.
“Hasilnya, ada seorang saksi yang mengetahui bahwa sepeda motor korban dibawa oleh pelaku yang saat ini buron,” ujar perwira pertama (Pama) dengan tiga  balok di pundaknya tersebut. Setelah mengetahui identitas korban, petugas langsung melakukan penggrebekan. Rupanya, penggrebekan tersebut sudah diketahui oleh pelaku.
Pelaku berinisial DL itu, kabur melalui belakang rumahnya saat dilakukan penggrebekan tersebut. Petugas hanya bisa memintai keterangan dua orang keluarga pelaku, yakni ayah dan adiknya. Sedangkan Yatmo menduga kuat pelaku mempunyai komplotan atau jaringan dan sudah biasa menjalankan aksi pencurian sepda motor.
“Pelaku memang spesialis pencurian sepeda motor yang selama ini meresahkan masyarakat Jabung dan Pakis. Sedangkan untuk barang bukti berupa tiga sajam, akan kami dalami ketrlibatan pelaku dengan aksi perampasan sepeda motor,” pungkasnya. (big/aim)