Tekan Angka Pencurian Rumah Kosong

SINGOSARI – Angka kejahatan rumah kosong sepanjang liburan lebaran hingga kemarin, di jajaran wilayah hukum Polsek Singosari mampu ditekan hingga tanpa kejadian. Tahun lalu, pada momen yang sama ada sekitar tujuh kasus pencurian di rumah kosong yang ditinggal pemiliknya mudik.
Kanit Reskrim Polsek Singosari Ipda Poernomo mengatakan, hal itu merupakan prestasi yang membanggakan bagi pihaknya. Mengingat belajar dari tahun-tahun sebelumnya, saat libur lebaran selalu terjadi tindak pidana pencurian rumah kosong.
“Pada libur lebaran tahun 2013 lalu, terdapat tujuh laporan pencurian rumah kosong, yang ditinggalkan penghuninya pulang kampung. Sedangkan pada libur lebaran hingga hari ini (Kemarin) kami tidak menerima laporan pencurian rumah kosong,” ungkapnya. Dijelaskannya, hal itu tak lepas peran aktif dari masyarakat itu sendiri, yakni dengan mendata rumah kosong yang ditinggalkan penghuninya mudik. Data itu disampaikan ke Polsek Singosari. Berbekal data itu, kepolisian bekerjasama dengan masyarakat melakukan pengamanan terpadu. Selain itu, juga meningkatkan intensitas patroli selama berlangsungnya libur lebaran
“Masyarakat yang tidak mudik juga aktif melakukan siskamling. Sehingga sangat membantu kinerja kepolisian untuk melakukan pengamanan,” terangnya saat dihubungi Malang Post kemarin.
Selain itu, pihaknya sebelumnya telah memetakan beberapa tempat maupun wilayah di Kecamatan Singosari yang rawan terjadinya pencurian rumah kosong.  Berbekal data yang telah disampaikan masyarakat dan peran kerja intel, petugas memberikan pengawasan lebih terhadap wilayah-wilayah yang telah dipetakan itu.
“Kami meningkatkan intensitas patroli di tempat-tempat yang telah dipetakan seperti perumahan dan wilayah yang sepi,” terang mantan Kanit Laka Lantas Polres Malang ini.
Perwira Pertama (Pama) dengan satu balok di pundaknya itu melanjutkan, banyaknya jajaran bertugas di lapangan membuat pelaku kejahatan mengurungkan niatnya. Banyaknya jajaran turun ke lapangan, mengingat selama tiga hari lebaran kali ini, Wapres Boediono datang ke Malang untuk berekreasi dan lewat jalur Singosari.
Otomatis membuat sepertiga kekuatan jajaran Polres Malang melakukan Pam Wapres. Selain itu, jajaran juga mengamankan arus mudik dan balik lebaran. (big/aim)