Tinggalkan Jasad Kekasih, Sumari Jadi Tersangka

MALANG – Satreskrim Polres Malang menetapkan Sumari, warga Dusun Sumbersari, Desa Sumberejo, Gedangan sebagai tersangka atas kematian kekasihnya RN, 24 tahun, warga Desa Tawangrejo, Kecamatan Takeran, Magetan. Polisi menjadikan pemuda berusia 26 tahun tersebut sebagai tersangka, karena terbukti melakukan perbuatan melanggar hukum.
Bahkan, usai menjalani rekonstruksi serta pemeriksaan secara marathon, Kamis malam Sumari langsung dijebloskan ke dalam balik terali besi Mapolres Malang. “Dari penyelidikan dan pemeriksaan yang kami lakukan, ada pelanggaran hukum yang dilakukan Sumari. Makanya dia langsung kami jadikan tersangka dan ditahan,” ungkap Kasatreskrim Polres Malang, AKP Wahyu Hidayat.
Ia menerangkan, Sumari dijerat dengan pasal 304 KUHP sub pasal 306 ayat 2 KUHP. Yaitu karena membiarkan orang dalam keadaan sengsara atau menderita yang membutuhkan bantuan, hingga mengakibatkan korbannya meninggal dunia. Sumari dijadikan tersangka, karena ia yang bersama dengan korban di dalam kamar losmen.
“Ancaman hukuman atas pasal tersebut adalah sembilan tahun kurungan penjara.,” tandas mantan Kasatreskrim Polres Tuban ini.
Untuk penyebab kematian korban, Wahyu mengatakan masih belum berani memastikannya sebelum ada surat keterangan resmi dari dokter forensik. Pihaknya masih menunggu hasil otopsi. Namun informasi dari petugas di Polres Malang, korban diketahui memiliki riwayat sakit asma.
“Kalau penyebab kematiannya, kami masih menunggu hasil otopsi. Karena sebelum dibawa pulang ke rumah duka, korban kami mintakan otopsi di RSSA Malang atas persetujuan pihak keluarganya. Namun dugaan sementara meninggalnya karena sakit,” ujarnya.
RN, yang merupakan karyawati sebuah perusahaan di Krian – Sidoarjo ini, meninggal dunia di dalam kamar Losmen Transito di Jalan Raya Kebonagung, Pakisaji, Kamis (7/8) pagi lalu. Ia menghembuskan nafas terakhir, setelah malam harinya melakukan hubungan intim dengan kekasihnya Sumari.
Belum diketahui secara jelas penyebab kematian korban, namun sesuai keterangan Sumari pada polisi saat rekontruksi, kekasihnya ditemukan terkapar di dalam kamar mandi.(agp/ary)