Tanaman Bernilai Jutaan Rupiah Digondol Pencuri

Bambang Supriyadi bersama teman-temannya di lokasi bonsai yang amblas dan hanya menyisakan pot bekas bonsai

PAKIS-  Aksi pencurian bunga hias kembali marak. Jumat dini hari kemarin, Budidaya Bunga Hias Sekar Tunjung Biru di Jalan Raya Pakis Kembar menjadi sasaran pencuri bunga. Bonsai Dolar setinggi 1,5 meter dan 1 meter, Pucuk Merah, Bonsai Cemara dan sejumlah bibit buah seperti Duren, Mangga serta Blimbing, dengan nilai total sekitar Rp 10 juta, amblas digondol pencuri.
 “Terkait kejadian itu, anggota masih melakukan pengembangan di lapangan. Ada dugaan, dalam aksinya pelaku menggunakan kendaraan untuk membawa kabur bonsai-bonsai milik korban. Masalahnya, bonsai yang dibawa ukuran besar dan sulit untuk dibawa kabur tanpa kendaraan,” kata Kapolsek Pakis, AKP Hery Purwanto.
Bambang Supriyadi, 52 tahun warga Desa Pakisjajar, Kecamatan Pakis, salah satu korbannya, pagi sebelum bonsai diketahui hilang, malamnya di lokasi budidaya banyak dipadati rekan-rekan penyuka tanaman hias. Kebetulan, budidaya tanaman hias tersebut adalah hasil dari patungan bersama antara seorang anggota Brigif Linud 18 Jabung, perangkat kecamatan  dan dirinya selaku Kamituwo Krajan.
Saat itu, ia bersama rekan-rekannya begadang sampai sekitar pukul 23.00. Baru setelah malam kian larut, teman-temannya pun beranjak pamit pulang. Sementara dirinya, pun langsung mengkunci pagar lokasi budidaya dan turut pulang.
“Tiap malam, lokasi ini (budidaya) biasa dijaga. Tapi karena malam itu sama-sama capek, akhirnya hanya mengkunci pagar dan tidak dijaga. Baru paginya, saya kembali dan ternyata banyak bonsai yang hilang,” ujar Bambang.
Sejumlah bonsai yang hilang itu, terang korban, adalah tanaman yang biasa ditaruh di halaman luar lokasi budidaya. Jadi, pelaku tidak sampai merusak pintu pagar, saat melakukan aksinya. Mengingat, lokasi bonsai berada di luar halaman.
“Sebenarnya, selain empat bonsai itu, Bonsai Elegan juga nyaris digondol pelaku. Bahkan, bagian akarnya sudah sempat dicoba lepas dengan pot. Hanya saja, tidak kesampaian dan hanya mencuri empat bonsai dengan meninggalkan pot di lokasi kejadian,” imbuhnya.
Mengenai pelaku, korban menerangkan, dipastikan tiga sampai empat pelaku. Masalahnya, bonsai-bonsai itu saat memindahkannya ke halaman depan, harus dilakukan hingga minimal tiga orang. “Kalau dua pelaku, sangat tidak mungkin. Meski pun, cara mengambilnya dengan meninggalkan pot,” terangnya saat ditemui bersama beberapa rekan-rekannya. (sit/aim)