Pesta Miras, Gadaikan Sepeda Motor Juragannya

MALANG – Pagar makan tanaman. Ungkapan itu setidaknya cocok untuk Ngatiri, 28 tahun, warga Jalan Alpukat, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen. Bagaimana tidak, sudah diberi pekerjaan, dia malah menggadaikan motor milik juragannya, Tauchid, 57 tahun warga Jalan Sajid Wonokasian, Desa Pagedangan, Turen.
Sejak kemarin, Ngatiri harus berurusan dengan petugas Polsek Wajak. Dia ditangkap petugas di Jalan Dusun Wonokasian, Desa Pagedangan, Turen saat hendak ke rumah temannya. Sebagai barang bukti kejahatannya, petugas mengamankan foto copy STNK serta BPKB sepeda motor Honda Revo N 6327 HW.
“Sedangkan untuk barang bukti motor, saat ini masih kami selidiki keberadaannya. Karena alasan tersangka sepeda motor tersebut sudah digadaikan kepada orang lain,” ungkap Kapolsek Wajak, AKP Sardikan kepada Malang Post, kemarin.
Diperoleh keterangan, perbuatan yang dilakukan Ngatiri ini terjadi 12 April lalu, pagi sekitar pukul 07.00, tersangka datang bekerja sebagai pembuat batu bata merah di tempat korban di Desa Codo, Wajak. Selanjutnya sekitar pukul 16.00, tersangka berpamitan pulang. Namun sebelumnya dia meminjam motor korban dengan alasan untuk beli sesuatu.
Karena tidak curiga, apalagi Ngatiri adalah karyawannya korban pun lalu memberikan kunci kontak motor bersama STNK. Tetapi setelah itu tersangka tidak kunjung kembali. Korban yang sadar telah tertipu, kemudian melaporkan ke Polsek Wajak. Berdasarkan laporan itulah, selang empat bulan petugas menangkap tersangka Ngatiri.
“Sepeda motor itu saya gadikan kepada orang lain sebesar Rp 1,5 juta. Uangnya habis saya gunakan untuk pesta minuman keras dengan teman-teman,” ujar tersangka Ngatiri.(agp/aim)