Kabel Serat Optic Tiga Tower Digondol Maling

SINGOSARI -  Kejahatan pencurian kabel optik tower belakangan ini  kembali marak. Sepanjang pekan kemarin, Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Mapolsek Singosari, menerima tiga laporan pencurian kabel optic tower.
Kanit Reskrim Polsek Singosari Ipda Poernomo mengatakan, maraknya pencurian kabel optic tower itu terjadi karena lemahnya pengawasan dan penjagaan dari pemilik tower. Tiga itu, dua tower milik Telkomsel di di Jalan Kertanegara Desa Candirenggo dan Desa Kelampok. Sedangkan satu tower milik Indosat di Desa Tamanharjo.
 “Mayoritas tower terletak di tempat sepi dan sulit untuk diawasi. Sehingga para pelakunya mudah beraksi,” ujar Ipda Poernomo kepada Malang Post kemarin.
Modus pencurian kabel tower biasanya dilakukan  para pelaku dengan melompat pagar tower yang tidak dijaga. Sebelum menjalankan aksinya,kawanan pencuri mematikan aliran listrik ruangan mesin pengontrol tower. Mereka masuk ke dalam ruangan mesin pengontrol dengan cara menggergaji pintunya.
“Jumlah pelaku pencurian tower yang jelas lebih dari satu orang. Karena bila dilakukan sendirian, maka akan kesulitan,” terang perwira pertama (Pama) dengan satu balok di pundaknya tersebut.
Kawanan pelaku pencurian memotong kabel optic yang berada di dalam ruangan kontrol tower tersebut.  Bila beruntung, mereka mendapatkan kabel optic tower cadangan yang belum terpasang. Sehingga tidak melakukan pembongkaran mesin. “Para pelaku tidak perlu khawatir untuk tersengat aliran listrik. Karena aliran listrik sudah dipadamkan sebelumnya,” imbuh mantan Kanit Laka Lantas Polres Malang ini.
Saat mengambil kabel optic tower yang masih terpasang, kawanan pelaku membongkar mesin kontrol menggunakan tang dan obeng. “Kemudian oleh kawanan pelaku pencurian, kabel optic itu dijual kepada penadah. Harganyapun cukup lumayan bila dijual, tergantung berat kabel optic tower yang dicuri itu,” terangnya.
Untuk mengantisipasi hal itu, dia menghimbau kepada operator maupun pemilik tower  menempatkan penjagaan di tower tersebut. Atau bisa juga memberikan pengawasan dengan mendatangi secara rutin tower tersebut. “Bisa juga dengan memasang CCTV,” imbuhnya. (big/aim)