Curi Motor Malah Kehilangan Motor

DAU- Warga Perumahan Landungsari Permai, Desa Landungsari, Kabupaten Malang, Senin (18/8) pagi dikejutkan oleh derap kaki beberapa polisi yang memburu dua pemuda. Semua warga saat itu sudah mengira bila yang dikejar itu adalah pelaku kejahatan. Dugaan itu ternyata tak meleset, dua pelaku pencurian sepeda motor sedang ngos-ngosan mencari selamat.
Keduanya pun tertangkap, dan dari hasil pemeriksaan memang terbukti baru saja menyikat satu unit Honda Beat milik seorang mahasiswa indekosan di perumahan tersebut. Polisi dibantu warga juga berhasil merebut sarana kejahatan, yakni motor Honda CBR warna hitam milik pelaku.
Motor tersebut berhasil diamankan, ketika salah satu pelaku yang mengendarai motor CBR terjatuh, kepalanya tertimpuk batu yang dilemparkan massa, lalu polisi mengejarnya. Begitu terjatuh , dalam kondisi kepala bocor buru-buru berdiri kemudian menyusul temannya yang mengendarai motor Beat curian.
Kini motor CBR tersebut diamankan polisi di Mapolsek Dau. AKP H Supari, Kapolsek Dau mengatakan pihaknya sudah melakukan penyelidikan terkait dengan motor CBR yang digunakan melakukan pencurian kejahatan tersebut.
“Plat nomor CBR itu setelah kami periksa, ternyata palsu. Memang plat itu untuk nomor polisi Honda CBR, namun bukan motor CBR yang kami amankan ini karena nomor mesin dan nomor rangkanya, berbeda,” terang Supari.
Kini pihaknya terus melakukan penyelidikan terkait motor CBR, yang digunakan pelaku tersebut. Perwira polisi yang semasa bintara menghabiskan tugasnya menjadi tim buser ini, berharap barang bukti btersebut bisa membantu untuk menangkap kedua pelaku.
Keterangan yang dihimpun dari berbagai sumber, peristiwa pencurian motor tersebut terjadi pukul 04.00. Saat itu kedua pelaku keliling kompleng perumahan dengan motor CBR. Satu pelaku nyanggong dekat rumah kost yang diincarnya, kemudian satunya lagi masuk ke rumah kos untuk menytikat Honda Beat yang terparkir di dalam halaman dengan kondisi pintu pagar terkunci.
“ Kemudian kunci motor dirusak, namun penghuni indekosan memergoki dan seketika memburu sambil berteriak maling. Sayangnya, penjahat itu lebih cepat menghidupkan mesin motor untuk kabur disusul pelaku lainnya yang mengendarai CBR,’’papar Syaiful Islam, Kades Landungsari.
Saat itulah, warga dan polisi melakukan pengejaran hingga salah satu diantara mereka kena lemparan batu. Nampaknya, kedua pelaku masih bernasib baik lantaran tak sampai tertangkap, dan walaupun mendapatkan hasil curian, mereka pun kehilangan motor curian.
Sementara pencurian kendaraan bermotor juga terjadi di wilayah hukum Polres Batu. Yakni, di Dusun Mojorejo RT13 RW 3, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo Kota Batu sekitar pukul 18.30. Yang disikat maling,  Yamaha Vixion warna hitam N 2093 LQ milik Roni S, 28 tahun, warga Dusun Sekarputih, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo. (muh/lyo)