Bawa Vario, Pencuri Gasak Tiga Karung Cengkeh

KEPANJEN- Buser Reskrim Polres Malang berhasil menggagalkan aksi pencurian cengkeh di Kebun Pancursari milik PT Perkebunan Negara (PTPN) XII Wilayah Malang. Tersangka bernama Karyanto, 40 tahun, warga Desa Sumberagung, Kecamatan Sumbermanjing Wetan ditangkap petugas kepolisian, saat menjalankan aksinya, kemarin.
Dari tangan tersangka, petugas berhasil menyita tiga karung berisi cengkeh dan satu sepeda motor Honda Vario N 4297 EO yang di dalam bagasinya terdapat cengkeh curian.
“Tersangka kami jerat pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan yang ancaman hukumannya lima tahun penjara,” ujar Kasat Reskrim Polres Malang AKP Wahyu Hidayat kepada Malang Post kemarin.
Peristiwa pencurian cengkeh yang dilakukan tersangka terjadi sekitar pukul 12.30 WIB, Selasa kemarin. Modusnya, tersangka yang diketahui sebagai petani ini menggunakan sepeda motor vario menuju kebun cengkeh dengan membawa tiga karung berukuran besar yang tidak dijaga dan sepi. Bapak dua anak itu dengan leluasa memetik dan menjarah cengkeh yang ada di kebun.
Rupanya, aksi yang dilakukan oleh tersangka ini diketahui oleh salah seorang penjaga kebun yang kemudian melaporkannya ke Mapolsek Sumbermanjing Wetan. Menerima laporan itu, Buser Polres Malang yang ada di dekat daerah tersebut langsung menuju lokasi kejadian. Petugas langsung menangkap tersangka.
Tersangka yang kepergok menjalankan aksinya itu tidak bisa berbuat apa-apa. Kemudian tersangka digelandang ke Mapolres Malang untuk mempertanggungjawabkan aksinya. Tersangka mengaku baru sekali melakukan pencurian tersebut. Dia berdalih melakukan pencurian karena terdesak oleh kebutuhan ekonomi.
“Saya apes hari ini (kemarin, red). Baru sekali mencuri cengkeh, malah tertangkap sama pak polisi. Mungkin ada yang melaporkan saya,” ucap tersangka.
Menurutnya, tidak hanya dia yang melakukan pencurian cengkeh. Melainkan banyak masyarakat sekitar yang sebenarnya juga melakukan pencurian cengkeh.di kebun tersebut
“Malahan ada yang membawa truk dan beraksi pada malam hari saat petugas tertidur lelap,” kata tersangka. (big/aim)