Gelapkan Truk,Warga Poncokusumo Ditahan

MALANG – Hariyanto, warga Desa Argosuko, Kec. Poncokusumo, Kabupaten Malang akhirnya ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Malang. Dia ditangkap pada hari Selasa (19/8) kemarin karena telah melakukan penggelapan barang dari uang hasil pinjamannya pada PT Armada Finance.
Pria 50 tahun ini  awalnya ingin membeli truk untuk bisnis angkutan tebu. Akhirnya, dia mengajukan kredit ke PT Armada Finance selama 36 bulan, dengan cicilan Rp 3 juta per bulan pada Maret 2013.
Tapi Haryanto hanya membayar selama tiga bulan saja, yakni bulan Maret, April dan Mei 2013. Selanjutnya, dia selalu berbelit-belit ketika pihak PT Armada Finance mendatanginya dan meminta Haryanto membayar hutangnya.
Setelah ditelusuri lebih lanjut, rupanya truk bermerk Isuzu Tahun 2002 warna Putih Hijau dengan Nopol N 8530 UC yang dia beli dari Didik Triwahyu Hardiyanto, warga Kecamatan Klojen Kota Malang, diketahui telah digadaikan. Bahkan, suami dari Puji Astutik ini sempat menggadaikannya sampai dua kali ke pihak lain.
Kuasa hukum PT Armada Finance, Henri Prihantono menyebut, Haryanto dapat dijerat dengan pasal penipuan dan penggelapan sebagaimana pasal 372 dan pasal 378 KUHP, atau sekurang-kurangnya pasal 36 UU No. 42 tahun 1999 dengan ancaman maksimal 2 tahun penjara."Tersangka ditahan di kejaksaan sejak hari ini (kemarin), pukul 10.00 WIB sampai proses pengadilan,“ tegasnya. (erz/nug)