Maksimal Daftar Tiga Formasi

MALANG - Para pencari kerja boleh beradu nasib jadi PNS. Pendaftaran PNS Pemkot Malang sudah dibuka secara resmi sejak jam 00.00 WIB tadi malam hingga 8 September 2014  mendatang. Pendaftaran CPNS tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, lebih simpel dan cepat.  
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang Sugiharto menjelaskan, pendaftaran CPNS tahun ini dilakukan secara online seperti tahun lalu. Namun teknisnya lebih mudah sekarang dibanding sebelumnya.  Cara mendaftar CPNS Pemkot Malang tahun ini cukup klik di http://panselnas.menpan.go.id.
Setelah mengakses website tersebut, pelamar mengisi form dengan terlebih dahulu mempelajari formasi atau lowongan yang dibuka Pemkot Malang maupun instansi pemerintah lainnya. “Pelamar kemudian mengisi formulir yang sudah disediakan secara online. Sebelum mendaftar sudah harus memiliki email pribadi. Pilih formasi sesuai yang disediakan,” jelas Sugiharto.
Karena sudah mendaftar dengan cara mengirim form yang tersedia, maka pelamar tak perlu lagi membuat surat lamaran layaknya para pencari kerja. Untuk memverifikasi kelengkapan dan kesesuaian administrasi yang dibutuhkan sesuai formasi, maka pelamar harus menyertakan ijazah terakhir dan KTP.
Namun demikian, peserta tidak lagi mengirimkan ijazah ke panitia melalui jasa pengiriman. “Ijazah dan KTP dikirim melalui http ://panselnas.menpan.go.id. Karena itu, KTP dan ijazah terakhir cukup discan,” jelasnya.
Lebih lanjut Sugiharto mengingatkan, pelamar tak bisa mendaftar di dua daerah atau di dua instansi pemerintah. Jika nekat melakukannya, maka sistem tak berjalan lantaran sudah teridentifikasi dalam lamaran pertama.
Namun demikian kata dia,  pelamar  bisa mendaftar tiga formasi sekaligus di satu daerah. Asalkan ijazah yang dimiliki sesuai dengan formasi atau lowongan CPNS yang disediakan. Seperti diberitakan Malang Post sebelumnya, tahun ini Pemkot Malang membuka lowongan CPNS sebanyak 79 formasi. Yakni tenaga kesehatan sebanyak 65 lowongan, guru SD tujuh lowongan dan tenaga administrasi atau tenaga teknis lainnya tujuh lowongan.
Sugiharto memastikan pendaftaran CPNS sudah siap dilakukan sejak jam 00.00 WIB tadi malam. Hal tersebut berdasarkan rapat koordinasi terakhir di Surabaya, Senin (18/8) lalu. Berdasarkan rapat koordinasi terakhir, teknis pelaksanaan pendaftaarn hingga ujian CPNS merupakan kewenangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) sebagai panitia nasional.
“Semuanya di bawah kendali panitia nasional. Mulai dari server sampai bank soal saat ujian nanti. Di daerah hanya  membantu menyediakan tempat ujian. Rencananya ujian seleksi CPNS secara online dilakukan 8 Sepetember mendatang,” paparnya.
Karena itu setiap harinya BKD Kota Malang tak mengetahui berapa jumlah pendaftar CPNS per hari. BKD baru akan mengetahui jumlah pendaftar CPNS Pemkot Malang setelah pendaftaran ditutup.  Begitu juga saat ujian CPNS nanti dilaksanakan oleh panitia nasional. Bahkan tenaga pengawas berasal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan. (van/han)