Pensiunan PNS Ketagihan Nyabu

MALANG – Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Malang, Sugiono, 57 tahun, akhir pekan lalu diamankan petugas Reskoba Polres Malang. Warga Dusun Bandung, Desa/Kecamatan Donomulyo ini, ditangkap karena kasus narkotika. Ia kedapatan memiliki dan menyimpan sepoket sabu-sabu (SS).
Dia sudah lama masuk dalam daftar target operasi (TO) polisi. Ia sudah menjadi bidikan petugas sejak beberapa hari lalu. Polisi tidak langsung menangkap, karena menunggu adanya barang bukti. Baru akhir pekan lalu, ketika tersangka usai membeli SS langsung diamankan.
“Tersangka Sugiono ini kami tangkap di sekitar Jalan Raya Arjowilangun, Kalipare saat naik motor. Awalnya dia mengelak, namun setelah kami temukan bukti sabu di saku, tersangka tidak bisa mengelak lagi,” ujar Kasatreskoba Polres Malang, AKP Samsul Hidayat.
Mantan Kanitreskrim Polsek Singosari ini menambahkan, penangkapan Sugiono bermula dari informasi masyarakat. Warga mengatakan kalau tersangka kerap mengkonsumsi SS. Berdasarkan informasi itulah, polisi lalu melakukan penyelidikan. Begitu benar, petugas langsung menangkapnya.
“Dia (tersangka, red) kami jerat dengan pasal 112 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukumannya minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun kurungan penjara,” tegas Samsul, yang juga mantan KBO Reskrim Polres Malang.
Sementara itu, dalam pemeriksaan Sugiono mengatakan sudah tiga tahun ini menjadi pemakai SS, sebelum pensiun dari PNS. Dia mendapatkan SS dengan membeli dari seorang temannya seharga Rp 450 ribu per-poket. Sepekan ia biasanya membeli satu sampai dua kali.
“SS itu saya pakai dan hisap sendiri. Saya memakai sabu tersebut untuk dopping menambah stamina tubuh,” aku tersangka Sugiono, sembari mengatakan ia kenal SS juga dari temannya.(agp/aim)