Jebol Plafon, Pencuri Kuras Alfamart Gondanglegi

MALANG – Untuk kesekian kalinya, toko waralaba menjadi sasaran aksi kejahatan. Kamis kemarin giliran Alfamart di Jalan Raya Gondanglegi, yang menjadi target operasi pelaku. Kerugiannya mencapai sekitar Rp 5 juta, namun kejadian ini menambah daftar minimarket di Kabupaten Malang yang menjadi korban kejahatan. Apalagi lokasi Alfamart, hanya berjarak sekitar 200 meter dari Polsek Gondanglegi.
Berdasarkan data selama kurun waktu lima bulan terakhir, sedikitnya ada sekitar lima toko waralaba di wilayah Kabupaten Malang yang menjadi korban kejahatan.
Peristiwa pembobolan Alfamart di Jalan Raya Gondanglegi, diketahui pagi kemarin sekitar pukul 06.15. Anwar serta Andra, dua karyawan Alfamart ini yang menjadi saksi kali pertama mengetahui. Saat itu mereka mau membuka Alfamart. Namun baru membuka pintu, keduanya terkejut saat melihat kondisi dalam berantakan.
Alfamart yang menjadi tempat kerjanya baru saja kebobolan maling, keduanya langsung melaporkan ke atasannya. Setelah dipastikan ada barang yang hilang, kejadian itu lantas dilaporkan ke Polsek Gondanglegi. “Mereka melaporkan kejadiannya sekitar pukul 07.30,” ungkap Kanitreskrim Polsek Gondanglegi, Aiptu As’at kepada Malang Post, kemarin.
Begitu mendapat laporan, polisi langsung meluncur ke lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Berdasarkan olah TKP yang dikuatkan dengan rekaman CCTV, pelaku seorang diri. Pelaku masuk ke dalam Alfamart dengan memanjat genteng yang kemudian menjebol plafon sekitar pukul 03.55.
Di dalam, pelaku lalu menuju ruang kasir. Kamera CCTV yang menyorot kasir, oleh pelaku diputar. Baru setelah itu pelaku mengambil beberapa barang berharga. Diantaranya puluhan slop rokok berbagai merek di etalase, pampers bayi, beberapa kotak susu serta uang Rp 100 ribu di laci kasir. Semua barang jarahan dimasukkan dalam kantor plastik.
“Kantong plastic yang digunakan pelaku, ya kantong plastic Alfamart. Jumlahnya sekitar empat kantong plastic yang dibawa kabur,” ujar As’at.
Sekitar setengah jam beraksi dan barang yang dijarah cukup, pelaku lalu kabur lewat jalan semula. Kini untuk mengungkap pelakunya, polisi sedang menyelidiki dengan meminta keterangan saksi-saksi. “Kasusnya masih kami selidiki. Kalau melihat peristiwanya, pelaku sudah mengenal betul situasi dan lokasi sekitar,” terang Waka Polsek Gondanglegi, AKP Santo Aji.(agp/aim)