Tidak Kuat Tanjakan, Truk Terguling

MALANG – Truk gandeng bermuatan tebu, dini hari kemarin terguling di Jalan Raya Karangkates (perbatasan Kabupaten Blitar). Truk nopol AG 9980 UG yang dikemudikan Eko Budi Santoso, 47 tahun, warga Dusun Pakisaji, Desa Duwet, Wates, Kediri ini terguling karena tidak kuat melaju saat jalan di tanjakan.
Kendati tidak ada korban jiwa maupun luka, tetapi peristiwa tersebut sempat mengakibatkan jalan dua arah menuju Blitar dan sebaliknya, lumpuh total hingga beberapa jam. Kendaraan besar seperti truk dan lainnya, tidak bisa melintas karena bak gandengan truk yang terguling menutup lebih dari separoh jalan.
Arus kendaraan baru kembali normal sekitar enam jam kemudian yakni pukul 10.00, setelah bak truk yang terguling berhasil dievakuasi. Itupun masih harus memberlakukan system buka tutup jalan. “Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materi saja,” ungkap Aiptu Samsi, anggota Pos Laka Sumberpucung yang turun langsung ke lokasi.
Kejadian truk terguling ini sekitar pukul 04.00 saat kondisi jalan sepi. Truk bermuatan tebu dari Kabupaten Blitar hendak dibawa ke PG Kebonagung Pakisaji. Kendaraan melaju dari barat ke timur dengan kecepatan sedang.
Ketika melintas di lokasi dengan kondisi jalan menanjak serta leter S, truk tidak kuat melaju. Akibatnya roda truk selip, hingga bak gandengan truk yang tidak seimbang terguling. Tumpukan tebu di bak pun tercecer menutup jalan.
Petugas Pos Laka Lantas Sumberpucung yang mendapat informasi, langsung datang ke lokasi. Untuk melakukan evakuasi, petugas harus mendatangkan mobil derek. “Dugaan sementara truk itu karena kelebihan muatan. Sebab tumpukan tebu yang dibawa melebihi batas ketinggian bak truk,” jelasnya.(agp/aim)