Lagi, Alfamart Dibobol Pencuri

MALANG – Pelaku pembobolan Alfamart Gondanglegi belum terungkap, akhir pekan kemarin giliran Alfamart di Jalan Raya Desa Kepuharjo, Karangploso yang dibobol. Pelaku diperkirakan lebih dari seorang. Dari aksinya mereka berhasil membawa kabur barang berharga senilai sekitar Rp 25 juta lebih.
Diantaranya, uang tunai di dalam brankas sebesar Rp 13,5 juta, beberapa pak rokok berbagai merek serta minuman kaleng senilai Rp 6 juta. Pelaku juga membawa power CCTV yang merekam aksi kejahatan mereka.
“Untuk kasusnya sudah kami tangani, saat ini pelakunya masih kami selidiki dengan meminta keterangan saksi-saksi,” ungkap Kanitreskrim Polsek Karangploso, AKP Aiptu Engkos Kosasih.
Peristiwa pencurian diketahui pagi kemarin sekitar pukul 07.00. Aminul, 18 tahun, karyawan Alfamart ini yang kali pertama mengetahui kejadian tersebut. Saat itu, saksi berniat membuka toko waralaba tempatnya bekerja. Ketika baru membuka pintu, ia kaget saat melihat kondisi tokonya berantakan.
Diyakini baru saja terjadi pencurian, saksi lalu melaporkan ke atasannya yang selanjutnya diteruskan dengan melapor ke petugas Polsek Karangploso. Polisi yang mendapat laporan segera datang ke lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).
Dari olah TKP, diduga pelaku masuk ke dalam Alfamart dengan memanjat tembok belakang, pada dini hari saat kondisi sekitar lokasi sedang sepi. Selanjutnya untuk masuk ke dalam mereka menjebol pintu samping. Setelah berada di dalam pelaku kemudian merusak brankas berisi uang tunai.
Setelah brankas berhasil dibuka dan uang dijarah, pelaku kemudian mengambil beberapa pak rokok berbagai merek serta minuman kaleng. Sebelum pergi, pelaku mengambil power CCTV, baru kemudian kabur lewat jalan semula.
Peristiwa pencurian tersebut, sekaligus menambah daftar toko waralaba yang menjadi sasaran aksi kejahatan. Selama 2014 ini yang terdata sudah ada enam toko minimarket yang menjadi sasaran target. Belum lagi ditambah dengan kejadian tahun sebelumnya yang sama sekali belum terungkap.(agp/aim)