Ungkap Kematian, Mayat TKW Dibongkar

SUMBERPUCUNG- Satreskrim Polres Malang dibantu tim dokter forensik RSSA Kota Malang, membongkar makam Watik Iswahyuni, 19 tahun Selasa (26/8) kemarin. Pembongkaran makam di TPU Dusun Ngrancah, Desa Senggreng Sumberpucung ini, untuk mengetahui kebenaran peneyebab kematian TKW yang bekerja di Malaysia itu.
Pembongkaran makam itu dimulai sekitar jam 09.00 WIB. Warga sekitar yang penasaran proses pembongkaran makam ini bergerombol di area pemakaman tersebut. Kasat Reskrim Polres Malang AKP Wahyu Hidayat mengatakan, setelah makam dibongkar, jenazah Watik akan diotopsi tim dokter forensik RSSA Kota Malang. “Nantinya, hasil otopsi tersebut akan disampaikan tim dokter forensik RSSA Kota Malang kepada kami,” ujarnya kepada wartawan kemarin.
Dia menjelaskan, hasil otopsi biasanya keluar satu minggu setelah dilakukan otopsi. Hasil otopsi untuk mengetahui penyebab kematian korban. Apakah penyebab kematian korban murni kecelakaan atau ada unsur kejahatan.
“Andai kata hasil otopsi nanti menyatakan kematian korban terdapat unsur kejahatan seperti dipukul atau yang lainnya, sebagai acuan kami untuk menentukan langkah selanjutnya,” kata Perwira Pertama (Pama) dengan tiga balok di pundaknya tersebut.
 Sementara itu, kakak ipar almarhumah Watik, Sandi Rachmawati yang turut menyaksikan prosesi pembongkaran makam itu berterima kasih kepada jajaran Polres Malang yang bersedia melakukan bongkar makam itu. Dari awal keluarga korban meminta kepolisian untuk melakukan hal itu untuk mengetahui penyebab kematiannya saat menjadi TKW di Malasyia.
“Semoga melalui proses ini, dapat diketahui penyebab sebenarnya kematian adik ipar saya. Dengan begitu tidak ada rasa yang mengganjal lagi,” teranngnya di tempat sama.
Keluarga korban curiga atas penyebab kematian Watik Iswahyuni pada 12 Mei  lalu saat bekerja sebagai TKW di Malaysia.  Keluraga tidak percaya begitu saja dengan pernyataan Polisi Diraja Malaysia yang menyebutkan, Watik tewas akibat jatuh dari Lantai 10 di Block Hostel Apartemen Bayu Suira Taman Ehsan Balakong Selangor.(big/aim)