Pesta Miras Oplosan, Dua Warga Bantur Tewas

MALANG – Pesta minuman keras oplosan berakhir maut, kembali terjadi di Kabupaten Malang. Dua warga Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Bantur, yakni Andrianto, 38 tahun serta Sugianto alias Antok alias Kenclek, 45 tahun ini yang menjadi korbannya. Mereka meregang nyawa, usai menenggak miras jenis trobas yang dicampur dengan minuman suplemen.
Andrianto, meninggal dunia pada Senin (25/8) lalu di rumahnya. Sedangkan Sugianto alias Antok Alias Kenclek, menghembuskan nafas terakhirnya Selasa (26/8) malam pukul 20.00 di setelah sempat mendapat perawatan di RSUD Kanjuruhan Kepanjen.
“Sebetulnya ada tiga orang yang kritis. Selain Andrianto serta Sugianto yang akhirnya meninggal dunia, korban kritis lain adalah Agus alias Kater. Namun nyawa Agus berhasil diselematkan setelah dilarikan ke RS Wava Husada Kepanjen. Selasa malam Agus sudah diperbolehkan pulang,” terang Kapolsek Bantur, AKP Karmidi.
Informasi yang diperoleh, sebelum meninggal dunia kedua korban bersama sembilan orang temannya termasuk Agus alias Kater, mengikuti kegiatan karnaval untuk memperingat HUT ke-69 Kemerdekaan RI di desanya, pada Minggu (24/8). Untuk menghilangkan rasa canggung dan malu, mereka pesta miras.
“Yang tergabung dalam kelompok korban ini sebenarnya ada 25 orang. Tetapi yang ikut pesta minuman keras hanya 11 orang. Kedua korban Sugianto serta Andrianto yang paling banyak minum,” ujar Karmidi.
Usai karnaval, mereka langsung pulang ke rumahnya masing-masing. Karena mungkin kecapekan, ditambah pengaruh minuman keras mereka langsung istirahat. “Minumannya dibeli dimana kami masih menyelidiki. Karena dari delapan orang saksi tidak mengetahui beli dimana. Yang membeli minuman kedua korban yang meninggal. Bahkan, informasinya mereka habis lebih dari 20 liter,” tuturnya.
Senin siang, Andrianto hendak dibangunkan oleh orangtuanya karena sudah siang. Tetapi ketika dipanggil beberapa kali tidak ada sahutan. Karena curiga, orangtuanya lalu mendekatinya. Saat itulah diketahui ternyata Andrianto sudah meninggal dunia.
Kabar kematian Andrianto karena miras ini, langsung membuat teman-temannya yang ikut pesta miras cemas. Mereka yang tak kunjung pulih dari pengaruh miras, langsung dibawa ke rumah sakit oleh pihak keluarganya. Termasuk Sugianto alias Antok alias Kenclek, ke RSUD Kanjuruhan Kepanjen dan Agus alias Kater, ke RS Wava Husada, pada Selasa (24/8) siang. Tetapi meski sempat dirawat, namun nyawa Sugianto tidak tertolong. Sedangkan Agus masih beruntung nyawanya tertolong. (agp/aim)