Sepuluh Menit, Empat Kecelakaan Lalu Lintas

RINGSEK : Kondisi mobil Yaris yang mengalami kecelakaan di Jalan Tumenggung Suryo.

MALANG - Warga Kota Malang sepertinya harus lebih berhati-hati dalam berkendara. Kemarin (2/9/14) siang, dalam sepuluh menit empat kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di empat titik berbeda terjadi hampir bersamaan. Keempatnya yakni di Jl Tumenggung Suryo, Perumahan Pandanwangi, Jl Tumapel dan Jl Panji Suroso.
Kanit Laka Lantas, Ipda Junaidi mengatakan, kejadian ini berlangsung hanya dalam satu menit. "Kecelakaan pertama terjadi sekitar pukul 12.20 WIB di  Jl Tumenggung Suryo.  Sedangkan, kecelakaan terakhir terjadi pukul 12.30 WIB di Jl Panji Suroso," ujarnya kepada Malang Post kemarin.
Beruntung keempat laka lantas ini tidak ada yang memakan korban jiwa. Tapi laka di Jl Tumenggung Suryo korban mengalami luka parah di bagian wajah. "Di sana memang laka terparah di antara semuanya," lanjut Junaidi.Korban luka di wajah ialah Yuni Erni, 41 tahun, warga Jl Danau Paniae, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Dia melintas kencang dari arah utara, kemudian menabrak mobil pick up yang membawa material keramik.
Menyusul, sebuah motor Kawasaki  warna merah di belakangnya juga terjatuh karena menabrak pinggir mobil pick up yang sempat berbelok menghalang laju sepeda motornya. Mobil pick up itu sendiri, terdorong dan menabrak dinding bengkel las Bengawan Solo. Dua orang penumpang di dalamnya mengalami luka ringan.
Sedangkan Yuni sendiri, kini langsung dirujuk ke RS Lavallete karena luka yang dia alami. Polisi menduga, saat mengendarai mobilnya, Yuni sedang dalam keadaan mengantuk. Usai kejadian, polisi datang mengecek TKP."Selang beberapa menit, saya dapat laporan kalau ada laka lagi di daerah Perumahan Pandanwangi," katanya.
Di sana, lanjut Junaidi, kecelakaan tabrak lari. Jadi, sampai kemarin sore polisi masih belum bisa mengidentifikasi pelaku tabrak lari tersebut. Korban juga aman dan hanya mengalami luka ringan.Tidak lama kemudian, lagi-lagi ada laporan di Jl Tumapel terdapat kecelakaan antara sepeda motor merk Vespa keluaran lama dan sebuah mobil. Vespa tersebut dikendarai orang tua. Akibatnya, kakek itu mengalami patah tulang di bagian tangan kiri. Dia langsung dirujuk ke RSSA, meski sempat menolak sebelumnya."Terakhir ya kejadian di Jl Panji Suroso ini. Disana, terjadi tabrakan antara sepeda motor dengan truk. Tapi tidak ada yang terluka parah dari kejadian tersebut," tuturnya.
Sementara itu pagar besi yang dikerjakan di bengkel las di Jalan Tumenggung Suryo No 12 A jebol diseruduk Yaris N 496 CS yang dikemudikan Yuni Erni akibat tabrakan karambol itu. Pengelola bengkel las, Hariyono mengaku mengalami kerugian sekitar Rp 7 juta.
‘’Saat kejadian saya sedang di dalam rumah. Tiba-tiba saya dengar suara duaaaarr…. Saya tengok, ternyata pagar  dan mainan ayunan yang dikerjakan disini sudah rusak ditabrak,’’kata Hariyono saat ditemui di bengkelnya.
Saat melihat lokasi kejadian, kata Hariyono, mobil Yaris sudah terpelanting sekitar 20 meter dari depan bengkel tempat kejadian. Bamper Yarris nempel di bak pick up yang ditabrak.
‘’Akibat kejadian ini saya mengalami kerugian sekitar Rp 7 juta. Pintu yang sedang dikerjakan rusak. Ayunan juga rusak, ini sudah diperbaiki,’’keluh Hariyono.
Sementara itu, pengemudi pick up, Tommi mengaku saat kejadian melaju dengan kecepatan rendah di ruas kiri jalan. Sedangkan dari spion ia melihat Yarris melaju dari belakang mobil yang dikemudikannya. Tiba-tiba saja terjadi  benturan keras di mobil yang dikemudikannya itu. (erz/van)