Disewa Setahun, Mobil Malah Digadaikan

Tersangka Iwan Siskotri malu saat diperiksa oleh petugas

SINGOSARI- Iwan Siskotri, warga Perumahan Pesona Singosari Kelurahan Aridimulyo sejak kemarin, harus mendekam di balik jeruji Mapolsek Singosari. Pria berusia 35 tahun ini, dilaporkan telah melakukan penggelapan sebuah mobil. Korbannya, Bambang Sumantri, 35 tahun, warga Gubeng Kota Surabaya.
“Tersangka kami tangkap di rumahnya atas laporan korban Bambang Sumantri. Tersangka menggelapkan sebuah mobil Daihatsu Xenia L 1815 FD berwarna hitam,” ujar Kanit Reskrim Polsek Singosari Ipda Poernomo kepada Malang Post kemarin.
Diperoleh keterangan, tersangka sejak tahun 2013, bekerja sebagai makelar jual beli serta sewa mobil untuk beberapa perusahaan jasa rental mobil,. Mulanya, dia bertemu korban yang merupakan temannya pada Januari 2014. Saat itu, tersangka menawarkan kepada korban mobilnya untuk disewakan dengan harga fantastis, yakin Kirana Travel.
“Tersangka mengatakan kepada korban, bahwa mobilnya akan disewa Kirana Travel senilai Rp 4 juta per bulan. Sebagai penjajakan awal, mobilnya akan dikontrak selama setahun,” kata Ipda Poernomo.
Untuk meyakinkan korban, tersangka mengajak ke kantor Kirana Travel yang berada di Dinoyo Kota Malang. Kebetulan tersangka mengenal pemilik jasa perjalanan tersebut. Pemilik Kirana Travel menyuruh tersangka untuk mencarikan mobil mini bus untuk dibelinya.
“Tersangka juga mengajak korban ke garasi Kirana Travel yang juga berada di Dinoyo. Karena percaya korban sepakat mobilnya disewa,” kata mantan Kanit Laka Lantas Polres Malang ini.
Disepakati mobil korban disewa selama satu tahun percobaan dan transaksinya berada di rumah tersangka. Awalnya, tersangka rutin membayar sewa mobil yang telah disepakati yakni Rp 3,6 juta per bulan selama tiga bulan. Selepas itu, tersangka tidak membayar mobil sewanya. Korban sulit menghubungi tersangka. Ketika korban mencoba menemui tersangka di rumahnya, selalu gagal dan rumahnya kosong. Karena sulit dihubungi dan dicari, awal bulan September lalu, korban melaporkan kejadian ini ke Mapolsek Singosari.
“Korban kami tangkap dengan cara anggota mengirim sms ke no HPnya yang bersedia menyewakan mobilnya. Saat berjanji ketemuan di rumahnya, kemudian tersangka kami tangkap,” kata Poernomo.
Keberadaan mobil korban masih dicari oleh petugas kepolisian karena telah digadaikan ke orang lain. Perwira Pertama (Pama) dengan satu balok di pundaknya itu menjelaskan, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penggelapan dan 372 KUHP tentang penipuan. (big/aim)