Awas, Kebakaran Meningkat Tajam

MALANG – Kebakaran yang terjadi di pabrik kertas PT Ekamas, Desa Gampingan, Kecamatan Pagak kemarin menambah  jumlah peristiwa kebakaran di wilayah Kabupaten Malang. Sejak  Januari 2014 sampai dengan kemarin terhitung ada 39 kasus kebakaran.  Demikian dikatakan Kasi UPTD UMK Kabupaten Malang Nurul Kusnaini.
Kepada Malang Post, Nurul mengatakan jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun 2013 lalu. “Tahun 2013 terhitung sejak Januari-Desember hanya 30 kasus, sementara 2014 ini sejak Januari-17 September hari ini (kemarin) sudah terjadi 39 kasus,’’ katanya.  
Terlebih sejak awal September lalu, kebakaran sudah terjadi  10 kali ini. “Sesuai data kami, peristiwa kebakaran di bulan September ini 10 peristiwa dengan yang terjadi di Pabrik Kertas PT Ekamas,” katanya.
Banyaknya jumlah kebakaran yang terjadi tersebut menuai kerugian hingga miliaran rupiah. Menurut Nurul, dari semua kebakaran yang terjadi, September memang paling banyak. Hal ini lantaran kondisi musim kemarau menjadi salah satu faktor pendukung rentannya terjadi kebakaran.
“Januari ada tiga kasus kebakaran, Febuari  tiga kasus, Maret  empat kasus, April  menurun menjadi satu kasus, setiap bulan selalu ada,” urai bapak dua anak ini.
Nurul juga mengatakan, kebakaran yang terjadi selama tahun 2014 ini juga beragam. Mulai dari ladang tebu, kendaraan, perkantoran, pemukiman, dan gudang.  Lantaran sering terjadi kebakaran ini, Nurul pun mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada. Salah satunya dengan tidak membuang putung rokok sembarangan, tidak membakar sampah sembarangan, dan melakukan pengecekan pada arus listrik. “Kalau penyebabnya kan bermacam-macam, bisa arus listrik, bisa putung rokok yang dibuang sembarangan, dan lainnya. Ini yang harus diperhatikan warga,’’ urainya.
Terkait dengan kebakaran kemarin, Nurul mengatakan pihaknya menurunkan 5 unit mobil PMK milik Kabupaten Malang.(vik/han)