Copet Spesialis Konser Musik Digulung

KEPANJEN - Edgar Kriswanto, 34 tahun warga Jalan Kol Sugiono Gang 3, Mergosono-Kota Malang harus menjalani pemeriksaan di Polres Malang. Dia tertangkap tangan menggondol handphone (HP) Samsung milik Hendri Wahyu Kurniawan, 26 tahun warga Dusun Sumbernanas, Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. HP itu dicuri menonton konser Wali Band di Stadion Talok, Turen, Rabu (17/9).
“Dari hasil pemeriksaan dan barang bukti, kuat dugaan tersangka melakukan aksi melanggar hukum. Karenanya penyidik melakukan penahanan pelaku,” kata Kasatreskrim Polres Malang, AKP Wahyu Hidayat kepada Malang Post, kemarin.
Dari hasil pemeriksaan tersangka, diketahui pelaku datang ke lokasi konser Wali bersama seorang rekannya yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) penyidik Polres Malang. Bersama  temannya yang berisial HR, 35 tahun warga Jalan Kol Sugiono, tersangka menjalankan aksinya dengan memanfaatkan kerumunan penonton.
modus yang digunakan tersangka dengan memanfaatkan kelengahan penonton saat mengambil foto atau mendokumentasikan aksi Wali di atas panggung. Saat HP dibuat memfoto atau merekan itulah, pelaku langsung menarik barang korban.
“Tersangka dalam aksinya membagi tugas. Rekan tersangka bagian mengambil barang. Sementara Edgar bagian menerima barang yang sudah ambil rekannya,”tambahnya.
Saat aksi itu dilakukan, ternyata korbannya melakukan perlawanan. Meski barang sudah berpindah tangan dari HR ke Edgar, korban tetap berhasil melacak HP miliknya. Kontan saja, tersangka langsung diamankan dari kerumunan penonton guna dilakukan penyidikan.
Dari hasil pemeriksaan petugas, ternyata aksi pelaku bukan sekali itu. Sekitar seminggu lalu, tersangka juga pernah beraksi di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen yang berhasil menggondol laptop dan HP. Tidak berhenti sampai di situ, empat bulan lalu, tersangka juga berhasil membawa kabur HP dan dompet di area Balai Kota Malang. Termasuk, saat ada konser band Ungu di Lapangan Rampal, tersangka mengaku berhasil mendapatkan dompet dan HP.  (sit/aim)