Ditinggal Pergi, Dua Rumah Dilahap Api

PAGELARAN- Dua rumah di Desa Sidorejo RT 03 RW 01, Kecamatan Pagelaran, terbakar pada Selasa (30/9) malam. Salah satu rumah yang terbakar hebat milik Latif, 50 tahun, ludes dilahap si jago merah. Bangunannya rata dengan tanah. Sedangkan rumah milik Slamet, 40 tahun yang berada disampingnya, hanya terbakar bagian dalam.
Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian yang diderita lebih dari Rp 25 juta. Barang-barang berharga yang berada di dalam rumah ikut terbakar. “Kebakaran ini terjadi akibat korsleting listrik dari rumah korban Latif,” ujar Kanitreskrim Polsek Pagelaran Aiptu Anwar Sidiq kepada Malang Post, kemarin.
Diperoleh keterangan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 21.30. Saat kejadian, dua rumah dalam kondisi kosong. Korban bersama keluarganya masing-masing sedang keluar untuk membantu tetangganya yang sedang menggelar hajatan.
Ketika rumah tidak ada yang menjaga inilah, diperkirakan api muncul akibat konsleting listrik di ruang tengah. Dengan cepat api merambat dan membakar seluruh ruangan. Korban Latif yang hendak pulang ke rumah, mengetahui adanya kobaran api berteriak histeris yang membuat heboh warga sekitar.
Warga berusaha memadamkan api dengan air dan alat seadanya. Warga lainnya melaporkan kejadian kebakaran itu kepada petugas Polsek Pagelaran serta PMK Kabupaten Malang. Dua unit mobil PMK Kabupaten Malang. langsung meluncur ke lokasi kejadian.
Mobil PMK Kabupaten Malang yang datang, langsung berusaha memadamkan api yang saat itu sudah menjalar ke rumah milik Slamet. Api baru bisa dipadamkan sekitar 30 menit kemudian, setelah seluruh bangunan rumah milik Latif sudah ludes terbakar dan rata dengan tanah.
“Api cepat membakar rumah milik Latif, karena bangunannya hanya terbuat dari bambu,” terang Anwar. (big/aim)