Bandit Curamor Ditangkap Saat Razia

WAJAK – Miliki kunci T, Agus Erwanto, 33 tahun warga Dusun Sidomangir, Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Rabu pagi kemarin, ditangkap dalam razia kendaraan di depan Mapolsek Wajak. Awalnya, dia kedapatan membawa senjata tajam, setelah di cek, petugas menemukan kunci T di dompetnya.
Dia diduga sebagai pelaku aksi pencurian sepeda motor (Curanmor) dan aksi perampokan.
“Dari bukti yang ada, sementara tersangka dijerat dengan tuduhan kepemilikan senjata tajam. Namun, tuduhan itu akan berkembang dalam pemeriksaan penyidik, dugaan curanmor dan perampasan juga dilakukan tersangka. Tinggal nantinya, mengurai aksi pelaku selama ini,” kata Kapolsek Wajak, AKP Sardikan kepada Malang Post, kemarin.
Diterangkannya, aksi pelaku berhasil diamankan petugas, saat tersangka melintas di depan Mako Polsek Wajak. Saat dirazia, pelaku yang diminta menunjukkan surat-surat kepemilikan, tanpa sengaja kaos yang dikenakannya ikut terangkat. Sajam yang saat itu disembunyikan di pinggang, berhasil diketahui anggota dan pelaku kemudian langsung diamankan.
“Saat diamankan, petugas mendapati kunci T. Dari pemeriksaan sementara, pelaku mengaku kalau dirinya memang pelaku pencurian. Ada pun aksinya, selain wilayah kabupaten juga Kota Batu. Selain pelaku pencurian, diduga juga pelaku perampasan. Dugaan itu, dikuatkan dengan belati yang dibawanya,” imbuhnya.
Agus dalam pemeriksaan, mengaku kalau dirinya memang pelaku aksi curanmor. Beberapa aksinya yang masih diingat, pencurian motor Yamaha Vega di Kota Batu, Honda Supra di Wagir, Yamaha FIZ di Kedalpayak-Pakisaji.
“Kalau merampas, saya biasa bersama seorang teman di Tumpang. Salah satu sasarannya, biasa perhiasan,” ujarnya seraya mengaku jika aksi yang dilakukan lebih dari 10 kali. (sit/aim)