Imigrasi Segera Lepas 13 WNA

Paspor dan Dokumen Tertinggal di Surabaya
MALANG – Tiga belas warga negara asing (WNA) asal Cina, yang diamankan Kantor Imigrasi Kelas I Malang Rabu lalu, besar kemungkinan akan dilepas. Itu setelah dari pemeriksaan, kelengkapan surat seperti paspor serta dokumen sudah ada, termasuk keterangan izin tinggal sementara di Indonesia.
“Dari pemeriksaan, dokumen serta paspor mereka ada. Mereka juga memiliki keterangan izin tinggal sementara. Meski demikian, kami tetap akan melakukan pemeriksaan satu-persatu lagi terhadap mereka,” ungkap Romi Yudianto, SH Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Malang.
Menurut Romi, keterangan izin tinggal sementara 13 orang WNA asal Cina ini, mulai 24 September dan akan berakhir pada 24 Oktober 2014. Mereka izin tinggal sementara di Surabaya. “Namun tempatnya dimana, masih akan kami cek. Kunjungan mereka ke Indonesia, alasannya untuk holiday,” ujarnya.
Lalu kenapa saat jalan-jalan mereka tidak membawa paspor dan dokumen ? Menurut keterangan mereka kepada petugas Imigrasi, dokumen serta paspor memang sengaja ditinggal di tempat mereka tinggal di Surabaya. Alasannya karena mereka takut dokumen serta paspor hilang saat jalan-jalan.
Sebelum diamankan di Mall Olympic Garden (MOG), 13 orang WNA ini sebelumnya berpencar menjadi dua rombongan. Rombongan pertama berwisata ke Taman Safari Pandaan-Pasuruan, sedangkan rombongan kedua berwisata ke Kota Batu. Siang harinya, mereka kemudian janjian berkumpul di MOG. Saat bertemu dan jalan-jalan bareng inilah, mereka diamankan.
“Kami akan periksa lagi satu persatu. Kalau memang tidak ditemukan pelanggaran, mereka akan kami lepas. Namun jika ditemukan ada pelanggaran, mereka kami kenakan pasal 71 ayat B Undang-undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian,” tandas Romi.
Sekadar diketahui, Kantor Imigrasi Kelas I Malang bersama petugas Intel Polres Malang Kota, Rabu (1/10) lalu, mengamankan 13 orang warga negara asing (WNA) asal Cina. Mereka yang semuanya laki-laki ini, ditangkap saat jalan-jalan di area Mall Olympic Garden (MOG). Mereka diamankan tidak membawa paspor dan dokumen.(agp/ary)