Membaik, Busairi Dibawa ke Sel

PAKIS –  Anggota Polsek Pakis akhirnya melakukan pemeriksaan terhadap Busairi, 28 tahun, warga Desa Kidal, Kecamatan Tumpang yang menjadi tersangka penjambretan di Jalan Raya Kapiworo, Desa Mangliawan, Kamis (25/9) lalu. Pemeriksaan dilakukan setelah pagi kemarin dijemput petugas di RSSA Malang.
“Kondisi tersangka saat ini sudah membaik. Dari keterangan dokter tersangka bisa rawat jalan,’’ terang Kapolsek Pakis AKP Hery Purwanto kepada Malang Post, kemarin.
Selama ini pihaknya selalu memantau kondisi Busairi. Pihaknya menempatkan salah satu anggotanya untuk memantau secara langsung pria yang terluka parah akibat dihakimi massa saat menjambret.
Saat dijemput Busairi memang terlihat lemah. Dia langsung memejamkan mata begitu masuk di dalam mobil Patroli Polsek Pakis yang menjemputnya. Tidak terkecuali saat berada di Polsek Pakis, Busairi juga langsung tidur di dalam sel tahanan.
“Kami juga membawa obat-obatan yang diberikan tim medis untuk Busairi. Obat ini diberikan sesuai dengan aturannya. Kami yakin, kondisinya akan semakin membaik,’’ urainya.
Terkait dengan pemeriksaannya, Busairi lebih banyak diam saat ditanya petugas. Bahkan, menurut Hery, Busairi kerap menunduk dan meletakkan kepalanya di meja tempatnya diperiksa. Tentu saja kondisi membuat petugas iba, sehingga pemeriksaan pun dihentikan.
“Belum ada penjelasan terang, termasuk kronologi tersangka melakukan tindak kriminal. Hari ini pemeriksaan akan kami lakukan kembali,’’ kata pria dengan tiga balok di pundak ini sembari mengatakan pengakuan tersangka ini penting didengar.
Dari keterangan itu juga petugas bisa melakukan pengembangan, jika memang ada pelaku lain, pihaknya pun ingin segera melakukan penangkapan.
Seperti yang diberitakan koran ini sebelumnya dua pelaku penjambretan beraksi di Jalan Raya Kapiworo, Desa Mangliawan, Pakis, Kamis (25/9) pukul 06.30 WIB, dihajar massa.  Seorang penjambret tewas, satu lainnya masih kritis.  Pelaku tewas adalah Bahrowi, 30 tahun, warga Dusun Panggungrejo, Desa Kambingan, Tumpang. Sedangkan korban kritis adalah Busairi, 28 tahun, warga Desa Kidal, Tumpang, Kabupaten Malang.
Kedua pelaku ini dihajar massa saat menjambret seorang perempuan bernama Sulikah, 40 tahun, yang melintas naik sepeda motor Beat bernopol N 4981 GG di Jalan Raya Kapiworo, Desa Mangliawan, Pakis, Kamis (25/9).  Sedangkan kedua pelaku mengendarai motor motor Vega bernopol R N 6052 AH. (vik/aim)