Curi Cengkeh, Tukidi Dilaporkan Perhutani

SUMAWE-Tukidi, 49 tahun warga Dusun Jambesari, Desa Ringinkembar, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), harus berurusan dengan petugas Polsek Sumawe. Sabtu kemarin. Pria yang mengaku sebagai petani itu, ditangkap petugas karena diduga mencuri cengkeh di kawasan Perhutani di Perkebunan Dusun Pancursari, Desa Ringinkembar, Kecamatan Sumawe.
Sebagai barang bukti aksinya, petugas mengamankan karung plastik, kain hitam yang dipakai sarana pencurian dan cengkeh basah sekitar 5 kilogram.
“Sebelum ditangkap, ada saksi yang melaporkan aksi tersangka melakukan pencurian di perkebunan. Karenanya, kemudian dilakukan pengembangan. Saat mendapati pelaku, lalu anggota mengamankannya untuk diperiksa,” kata Kapolsek Sumawe, AKP Farid Fatoni.
Diuraikan mantan Kapolsek Pakisaji itu, peristiwa bermula ketika seorang petugas perkebunan tengah melakukan pengecekan rutin lokasi. Saat melakukan pekerjaan rutin itu, didapati tersangka tanpa bersalah mengambil cengkeh milik perkebunan.
Khawatir terjadi salah paham, peristiwa itu selanjutnya dilaporkan ke Mapolsek. Hanya perlu waktu beberapa menit, anggota langsung menuju ke lokasi kejadian. Saat itu, tersangka akan beranjak dari lokasi kejadian. Karenanya, anggota langsung mengamankan tersangka untuk diminta keterangan.
“Dari hasil pemeriksaan, tersangka tidak mengelak dengan aksi kejahatan yang dilakukan. Pelaku mengatakan, perbuatan itu dilakukannya karena khilaf,” ujar Kapolsek seraya menambah aksi pencurian itu baru dilakukan sekali ini oleh tersangka. Cengkeh hasil curian itu, rencananya akan dikeringkan untuk selanjutnya dijual. (sit/aim)