Giliran Alfamart Dirampok, Uang Rp 9 Juta Dibawa Kabur

PAKISAJI- Aksi perampokan kembali menyatroni toko modern di wilayah hukum Polres Malang. Selasa dini hari kemarin, dua pelaku yang mengenakan helm dan bersenjata celurit merampok uang milik Alfamart di Jalan Raya Kebonagung 1, Desa Kebonagung, Kecamatan Kebonagung.
Dua penjaga minimarket, Syamsul Arifin, 25 tahun warga Dusun Banduroto, Desa Sempol, Kecamatan Pagak dan Ferdian Angga, 21 tahun warga Kelurahan/Kecamatan Dampit, diacam dengan celurit dan diminta menyerahkan uang yang ada di brankas. Uang sekitar Rp 8 juta yang disimpan di brankas dibawa kabur pelaku. Kasus ini menjadi daftar panjang perampokan di minimarket modern di Malang raya.
“Terkait kejadian itu anggota melakukan pengembangan di lokasi kejadian. Sebelum aksi itu terjadi, anggota sudah melakukan patroli di sejumlah toko modern di Pakisaji. Hanya saja, pelaku terkesan lebih paham tentang sasaran perampokan” kata Kapolsek Pakisaji, AKP Amung Sri Wulandari kepada Malang Post.
Saat kejadian perampokan berlangsung, di lokasi hanya dijaga oleh dua pegawai. Ferdian saat kejadian,  bertugas sebagai kasir. Pelaku masuk ke dalam toko secara bergantian.
“Kedua pelaku semuanya mengenakan jaket kulit dan berhelm. Pelaku masuk bergantian dan langsung menodongkan celurit ke Ferdian,” ujar Kapolsek.
Usai melumpuhkan Ferdian, rekan korban yang berada di dalam toko dan sedang mengecek barang, langsung diancam pula dengan menggunakan celurit. Kedua korban, selanjutnya digiring ke bagian gudang untuk menunjukkan dan membuka brankas tempat penyimpanan uang.
“Setelah brankas uang ditunjukkan korban, pelaku lantas mengambil dan kabur. Sementara uang di laci kasir dan beberapa barang di kasir, tidak turut diambil. Pelaku melarikan diri, kedua korban yang saat itu tidak diikat langsung mencoba minta tolong namun tidak berhasil,” tambahnya seraya menambahkan kedua pelaku kabur menggunakan satu motor ke arah Selatan (pertigaan Kebonagung).
Aksi kedua tersangka, terekam CCTV minimarket. Hanya saja, untuk memastikan pelakunya, masih dalam usaha penyidikan petugas. “Siapa-siapa pelakunya, masih dalam usaha pengembangan. Dari rekaman yang ada, dua pelaku itu memiliki penampilan kecil,” kata mantan Kapolsek Wonosari itu.
Wawan Arif, pengawas Alfamart Kebonagung 1, mengaku kalau kejadian perampokan itu sudah diserahkan sepenuhnya kepada polisi (Pakisaji). Dua karyawannya yang menjadi korban mengalami shock.
“Dua karyawan kami tidak apa-apa. Kalau mengenai kerugian dan kejadiannya, sudah dilaporkan kepada polisi. Yang pasti, kejadiannya sekitar pukul 05.00,” terangnya. (sit/aim)