Tidak Punya Modal, Ternak 52 Bebek Curian

DAU –  Wawan Junaidi, 39 tahun, warga Desa Jeding RT02 RW06, Kecamatan Junrejo, Kota Batu  harus berurusan dengan anggota Polsek Dau. Pria berambut gondrong ini ditangkap petugas dinihari kemarin karena mencuri pakan ternak bebek milik, Hendrik Arifin, 32 tahun, warga Jalan Losari, Dusun Krajan RT04 RW03, Desa Sumbersekar, Dau.
Dari tangan Wawan, petugas tidak hanya mengamankan barang bukti pakan ternak bebek (dedek) seberat 5 kilogram, tapi juga 52 ekor bebek.
“Barang bukti 52 ekor bebek tersebut merupakan hasil pengembangan, yang kami peroleh dari keterangan tersangka. Bahwa, sebelum mencuri pakan ternak dinihari kemarin, dia juga tiga kali mencuri bebek di TKP yang sama,’’ ungkap Kapolsek Dau AKP H M Supari.
Rinciannya, dua kali pencurian dilakukan di bulan September, satu kali dilakukan pada awal Oktober. Tiga kali tersebut, masing-masing pencurian pertama berhasil membawa kabur 11 ekor bebek, kemudian 14 ekor bebek dipencurian kedua, dan ketiga mencuri 27 ekor bebek.  “Totalnya ada 52 ekor bebek,’’ tambah Supari.
Tertangkapnya Wawan, dijelaskan pria dengan tiga balok di pundak ini berawal saat korban, berjaga di kandang bebeknya. Hendrik tidak sendirian, tapi ditemani oleh Nanang Sugito temannya. Saat sedang asyik berjaga inilah tiba-tiba terdengar suara gaduh yang berasal dari kandang sebelah timur. Sontak, Hendrik curiga. Bersama Nanang keduanya pun melakukan pengecekan ke kandang bebek sebelah timur.
Saat itulah, kemudian keduanya melihat Wawan keluar dari kandang, sambil tangannya menenteng pakan ternak. Tanpa pikir panjang, Hendrik dan Nanang langsung menangkapnya. Saat ditangkap, Wawan mengaku sangat menyesal. Bukan itu saja, Wawan juga memohon kepada korban untuk dibebaskan, sekaligus berjanji tidak mengulangi lagi. Namun sayang, perimntaan maaf Wawan sama sekali tidak digubris oleh Hendrik.  Korban yang jengkel, lantaran ternaknya kerap disatroni maling ini memilih membawa tersangka ke Polsek Dau.
Sementara kepada petugas, Wawan mengakui perbuatannya. Dia mengatakan, sudah tiga kali mencuri. Kepada petugas Wawan mengatakan jika bebek hasil curiannya itu tidak untuk dijual, melainkan akan diternak sendiri.
“Dari dulu saya ingin beternak bebek, tapi tidak memiliki modal untuk mengawali usaha. Itu sebabnya, saya mencuri,’’ tandas Wawan.(vik/aim)