Rem Blong, Truk Angkut Biji Sawit Terguling

BERANTAKAN : Puluhan karung biji sawit yang diangkut truk terguling, berantakan di jalan.

GRESIK -  Sebuah truk nopol D 8830 XC sarat bermuatan biji sawit terguling di Jalan Mayjen Sungkono tepatnya di depan Balai Rukyat Lajnah Falakiyah NU, Gresik, Jawa Timur.Akibat kejadian tersebut puluhan karung yang berisi biji sawit berserakan di jalan, Minggu (12/10).
Truk yang datang dari arah Surabaya menuju ke Lamongan terguling setelah  Eko (28) warga asal Gadukan, Surabaya sekaligus sopir tidak bisa menguasai stir saat remnya blong sewaktu turun di tikungan yang tajam.
Berdasarkan informasi yang dihimpun. Awalnya, truk sudah oleng ke kiri kemudian terguling dan setengah badan truk menutup separuh Jalan Mayjen Sungkono. Sehingga, arus kendaraan baik dari Lamongan maupun sebaliknya dari Surabaya melintasi Gresik dialihkan ke jalan lain.
"Saya berusaha menginjak rem pada saat menuruni tikungan tajam. Namun, muatannya terlalu berat membuat truk yang saya kemudikan oleng ke kiri dan terguling. Beruntung bersamaan dengan itu saya melompat keluar," tutur Eko sambil memegangi punggungnya yang nyeri, Minggu (12/10) kemarin.
Kecelakaan tunggal itu menyebabkan arus lalu lintas di jalur tersebut terganggu. Pasalnya, badan truk melintang di tengah jalan ditambah puluhan karung berisi biji sawit berserakan di jalan. Kendaraan lain yang ingin melintas terpaksa berhenti sementara waktu.
Untuk mengurai kemacetan, petugas Kepolisian dari Satlantas Gresik yang sampai di lokasi langsung melakukan sistem buka tutup jalur yang hanya diperuntukkan bagi kendaaraan roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat atau lebih belum diizinkan melintas sampai evakuasi badan truk selesai.
"Proses evakuasi perlu waktu karena menunggu mobil derek sambil membersihkan puluhan karung berisi biji sawit yang berserakan di jalan. Sopir truk sudah dimintai keterangan," kata Kaur Bin Ops (KBO) Kasat Lantas Polres Gresik Iptu Sujiran melalui Kasatlantas Polres Gresik AKP I Made Parwita. (bjt/aim)