Tidak Kuat Nanjak, Dump Truck Tabrak Dua Kendaraan

Sejumlah kendaraan yang terlibat tabrakan dan dievakuasi oleh petugas kepolisian, agar jalur kendaraan lancar kembali.  
 
Malang-Lawang Macet Hingga Lima Kilometer
LAWANG- Tabrakan karambol melibatkan tiga kendaraan terjadi di Jalan Raya Sumberporong-Lawang, depan Bakpo Telo Lawang, Selasa sekitar pukul 08.00, kemarin. Pemicunya, dump truk yang disopiri Joko Prasmono, 27 tahun warga Dusun Sembon, Desa Roto Polo, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang, tidak mampu menanjak, saat akan naik fly over Lawang menuju Malang.
Truk warna hijau itu akhirnya berjalan mundur. Truk yang tidak terkendali itu menabrak truk L 9201 A yang disopiri oleh Kamim Tohari, 46 tahun warga Desa Sukonodo-Sidoarjo, yang berjalan satu arah di sisi kanan, hingga terguling ke jalur berlawanan melewati median jalan. Dump truk  itu terus melaju mundur, selanjutnya menabrak Kijang L 1255 GV yang disopiri oleh Bambang Sudiono, 66 tahun warga Desa Sumberporong, Kecamatan Lawang, yang saat kejadian juga berjalan satu arah dan berada di sisi kiri truk. Dump truk yang terus mundur, akhirnya berhenti setelah menghantam median jalan dan bodi truk pun langsung ambruk. Ketiga kendaraan itu rusak berat. Akibat kejadian itu, mengakibatkan kemacetan hingga sekitar lima kilometer. Korban luka, hanya dialami oleh sopir dump truk yang menjalani perawatan di RS Sumberporong.
“Kebetulan posisi saya ada di sebelah kanan dump truk. Saat kendaraan itu berjalan mundur, saya mencoba menghindar dengan mengambil jalur kanan. Namun sayang, bodi dumb truk langsung menghantam truk saya hingga terlempar ke arus berlawanan,” kata Kamim kepada Malang Post, kemarin.
Ditambahkannya, truk yang dikemudikannya seorang diri itu, rencananya hendak ke Tumpang untuk mengantarkan paketan kardus dari Krian. “Untungnya saya tidak apa-apa,” tambahnya.
Bambang, sopir mobil Kijang mengaku, kalau saat kejadian dirinya ada di sisi kiri dumb truk. Begitu kendaraan berjalan mundur, dirinya tidak bisa menghindar karena mobil yang disopirinya baru masuk ke jalan raya.
“Posisi saya kan baru masuk ke jalan, jadi sudah tidak bisa menghindar. Makanya, bodi mobil sebelah kanan saya yang rusak,” kata pria yang hendak ke Singosari itu.
Akibat kejadian itu, kontan jalur menuju ke Malang menjadi lumpuh. Muatan pasir dan kardus, berserakan di jalan. Untuk memulihkan arus kendaraan, petugas Sat Lantas Polsek Lawang bersama Sat Lantas Polres Malang dibantu Sat Lantas Polsek Purwodadi, meminjam kendaraan berat untuk mengevakuasi dua kendaraan yang ambruk itu hingga jam 10.00 WIB.
“Ketiga kendaraan yang terlibat tabrakan karambol tersebut sama-sama melaju tujuan Lawang. Memasuki jalan menanjak, dumb truk tiba-tiba kehilangan daya sehingga berjalan mundur dan menabrak dua kendaraan dibelakangnya. Dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa,” kata Kanit Laka Polres Malang, Ipda Yoyok Supandi. (sit/aim)