Bobol Rumah Tetangga, Trianto Ditahan

MALANG – Trianto, warga Jalan Panglima Sudirman Utara Malang, harus berurusan dengan petugas Polsekta Klojen. Pria berusia 33 tahun ini, ditahan karena mencuri di rumah Puguh Setiawan, 38 tahun, tetangganya sendiri. Ia mencuri satu buah laptop merek Lenovo yang ada dalam lemari kamar korban.
“Tersangka ini kami tangkap di rumahnya setelah mendapat laporan dari korban. Awalnya, ia tidak mengakui pencurian. Namun setelah kami interogasi, ia akhirnya mengakui aksi pencurian tersebut. Barang bukti yang kami amankan satu buah laptop yang belum sempat dijual,” ungkap Kanitreskrim Polsekta Klojen, Iptu Danang Yudanto.
Aksi pencurian yang dilakukan Trianto ini, terjadi 13 Oktober lalu sekitar pukul 12.30. Pencurian dilakukan ketika rumah korban dalam kondisi kosong, karena ditinggal pergi bekerja. Tersangka mengatakan sudah merencanakan aksi pencurian, beberapa hari sebelumnya.
Modus operandi yang dilakukannya, dengan melubangi dinding samping rumah korban yang tembus dengan kamar korban. Tersangka melubangi dengan menggunakan alat paku serta batu. Ia bebas membuat lubang, karena jarak rumahnya dengan rumah korban berdampingan hanya berjarak  sekitar satu meter.
Setelah dinding berhasil dilubangi, tersangka lalu merusak lemari. Selanjutnya ia mengambil laptop Lenovo milik korban yang tersimpan dalam lemari. Untuk menghilangkan jejak, tersangka memasukkan laptop tersebut ke dalam tas plastik yang selanjutnya disembunyikan di pinggir sungai yang berjarak sekitar 15 meter dari rumah korban.
Aksi pencurian baru diketahui oleh korban malam harinya ketika pulang. Melihat dinding kamarnya berlubang serta laptop miliknya telah hilang, korban lalu melaporkan ke petugas Polsekta Klojen. Berdasarkan laporan tersebut, polisi lalu melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap tersangka.
“Dalam pemeriksaan, Trianto mengaku tidak hanya sekali mencuri di rumah korban. Sebelumnya pada bulan Juni lalu ia pernah mencuri tabung LPG, dengan cara melompat pagar rumah korban. Selain itu, tersangka juga mengaku mencuri beberapa barang namun oleh korban saat itu tidak dilaporkan,” jelas Danang Yudanto.(agp/nug)