Sebulan,60 Kendaraan Dicuri

RAZIA : Petugas Polres Malang Kota ketika melakukan kegiatan patroli dan razia skala besar, Sabtu malam lalu.

MALANG – Polres Malang Kota, Sabtu (1/11) malam menggelar giat patroli dan razia dengan skala besar. Kegiatan yang dipimpin langsung Kabag Ops, Kompol Sunardi Riyono ini, untuk menekan tingginya kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Kota Malang. Sekaligus mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan pada malam hari.
Perlu diketahui, kasus curanmor di wilayah Kota Malang, saat ini masih cukup tinggi. Baik kendaraan roda dua ataupun roda empat. Hampir setiap hari, ada masyarakat yang melapor telah menjadi korban pencurian. Jika dirata-rata, sehari bisa terjadi 2-3 kali pencurian di tempat yang berbeda.
Ketika dikalkulasi, maka dalam waktu sebulan minim ada 60 unit kendaraan yang hilang dicuri. Semua kejadian tersebut telah dilaporkan ke polisi oleh para korbannya. Polisi sendiri, sampai saat ini masih melakukan penyelidikan dan berusaha untuk mengungkap pelakunya.
“Kegiatan patroli dan razia ini untuk mengantisipasi tindak kejahatan, khususnya curanmor. Sasaran dari razia ini, selain curanmor juga senjata tajam (sajam) serta bahan peledak (handak),” ungkap Sunardi Riyono.
Sebelum melakukan giat patroli dan razia, personil yang terlibat diapelkan di halaman Mapolres Malang Kota. Total ada sekitar 150 personil yang dilibatkan. Mulai dari unit Sabhara, Satlantas, Intel, Narkoba, regu Tombak hingga Reserse dan Kriminal (Reskrim). Termasuk personil dari Polsek jajaran.
Personil dibagi menjadi dua tim. Tim pertama melakukan giat patroli dengan keliling wilayah Kecamatan Klojen, Lowokwaru serta Kecamatan Blimbing. Kemudian tim ini melakukan giat razia kendaraan di Jalan Raya Langsep Malang.
Sedangkan tim kedua dipimpin langsung Kompol Sunardi Riyono, melakukan patroli di wilayah Kecamatan Kedungkandang serta Kecamatan Sukun. Setelah keliling wilayah Kedungkandang, petugas kemudian melakukan giat razia di jalan raya depan Kantor Block Office.
Semua kendaraan baik roda dua maupun roda empat, tidak luput dalam pemeriksaan petugas. Mulai dari kelengkapan surat-surat, hingga barang bawan yang dibawa oleh pengendara. “Giat patroli dan razia seperti ini, akan terus kami lakukan secara bertahap. Untuk waktunya tidak bisa kami tentukan. Ini untuk mencegah sekaligus menekan angka kejahatan di wilayah Kota Malang,” jelas mantan Kasatreskrim Polres Malang, sembari mengatakan dari giat patroli dan razia semalam, tidak ada pelaku kejahatan atau pelanggar yang diamankan.(agp/nug)