Polres Pasangi Stiker Imbauan

DIPASANG : Petugas Satbinmas Polres Malang Kota ketika memasang stiker himbauan ke minimarket.

MALANG - Satuan Binmas Polres Malang Kota, kemarin menyebar stiker imbauan ke seluruh toko waralaba di Kota Malang. Upaya ini dilakukan untuk mencegah sekaligus meminimalisir terjadinya tindak kejahatan yang selama ini mengincar minimarket. Dengan imbauan tersebut, diharapkan bisa menekan angka kriminalitas.
Kasat Binmas Polres Malang Kota, AKP Susanto mengatakan, imbauan yang bertuliskan larangan memakai helm serta masker atau penutup wajah saat masuk minimarket, ditempelkan pada kaca pintu masuk. Selain tulisan imbauan, pada stiker tersebut juga dicantumkan nomor telepon. Tujuan ketika terjadi tindak kejahatan, korban atau masyarakat yang mengetahui bisa segera menghubungi polisi.
"Total ada 367 minimarket di Kota Malang yang kami pasang stiker imbauan ini. Untuk Indomaret ada 170 titik, Alfamart ada 105 titik dan sisanya adalah toko minimarket lain seperti Alfamidi dan lainnya. Termasuk juga kebeberapa tempat yang rawan terjadi tindak kejahatan seperti bank, money canger, tempat pembelian tiket serta toko emas," ungkap Susanto.
Selain memasang stiker imbauan, Susanto juga kembali mengingatkan kepada pemilik minimarket untuk memasang kamera CCTV di depan toko. Kamera CCTV tersebut akan sangat membantu penyelidikan polisi, jika memang terjadi tindak kejahatan. Karena aksi pelaku akan terekam pada kamera, sehingga bisa diketahui ciri-ciri pelakunya.
"Kami juga meminta kepada karyawan minimarket supaya tidak gugup dan takut saat menghadapi pelaku kejahatan. Mereka kami minta supaya tenang, demi keselamatan jiwanya," ujar Susanto.
Tidak hanya itu, Polres Malang Kota dalam minggu ini juga akan membagikan pentungan serta borgol ke setiap minimarket. Tujuannya senjata tersebut bisa digunakan untuk antisipasi dan melumpuhkan pelaku kejahatan, jika polisi datang terlambat ke lokasi.
"Kami juga akan memberikan pembinaan kepada karyawan atau manager masing-masing minimarket terkait antisipasi pencegahan tindak kejahatan. Juga memberikan pelatihan khusus kepada satpam yang bertugas jaga di bank ataupun toko emas, bagaimana cara menghadapi serta melumpuhkan pelaku kejahatan," paparnya.
Lilis Lailia, salah satu karyawan Indomaret di Jalan Jaksa Agung Suprapto Malang, mengatakan larangan memakai helm serta masker sebetulnya sudah lama. Dengan adanya stiker imbauan ini, diharapkan pembeli yang datang bisa mentaatinya.(agp/ary)