Disalip Mobil, Truk Muatan Pasir Terguling

KEPANJEN- Truk bermuatan pasir nopol L 9869 UL, terguling di Jalan Raya Pepen Desa Mojosari Kecamatan Kepanjen, Senin pagi kemarin. Sopir truk, Qoi Mudin, 20 tahun, warga Kabupaten Pasuruan hilang kendali akibat disalip mobil Daihatsu Xenia dari kanan, tanpa memberikan tanda maupun membunyikan klakson terlebih dahulu.
Kendati tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tapi arus kendaraan dari Kota Malang menuju Blitar maupun sebaliknya, macet. Qoi Modin menjelaskan, perisiiwa tersebut terjadi pukul 06.00 WIB, usai mengambil muatan pasir dari Blitar dikirim ke Pasuruan. Dia memacu kendaraanya dengan kecepatan sedang. Mendekati lokasi kejadian, tiba-tiba terdapat mobil Daihatsu Xenia berwarna hitam menyalip tanpa memberikan tanda.
“Saya kaget ketika disalip mobil itu. Sontak, saya membanting setir ke arah kanan untuk menghindari tabrakan,” ujar Modin kepada Malang Post kemarin.
Akibatnya, truk tersebut menabrak pembatas jembatan yang ada di sisi jalan. Tidak cukup sampai di situ saja, bak truk bersama muatan pasir pun tumpah ke tengah jalan. “Mobil yang menyalip saya, kabur begitu saja,” ungkapnya.
Beruntung tergulingnya truk tersebut tidak menimpa kendaraan lainnya. Namun, arus kendaraan di jalan tersebut mengalami kemacetan panjang, akibat tumpahan pasir ke jalan yang menutup setengah badan jalan.
Petugas polisi yang mengetahui peristiwa itu, langsung mengurai kemacetan. Sopir dibantu warga sekitar menyisihkan tumpahan pasir tersebut ke sisi jalan. Truk yang terguling dievakuasi dengan ditarik oleh dua kendaraan jeep. Petugas Satlantas Polres Malang melakukan olah TKP atas peristiwa kecelakaan ini.
“Menurut keterangan sopir, ada mobil yang menyalip tidak memberikan terlebih dahulu. Sehingga membuat truk terguling. Untuk mengetahui penyebab pastinya, harus dilakukan olah TKP terslebih dahulu,” kata Petugas Satlantas Polres Malang Aipda Hariyanto di tempat yang sama. (big/aim)