Razia, Dapat Sajam

SUMBERPUCUNG - Yuliono, 28 tahun warga Dusun Krajan, Desa Jatikerto, Kecamatan Sumberpucung ditangkap petugas Polsek Sumberpucung saat menggelar razia. Pria yang mengaku hendak berburu burung itu, diamankan petugas karena kedapatan membawa sajam di pertigaan Jalan Raya Karangkates-Sumberpucung. Dari tangan remaja itu, petugas mengamankan belati yang disembunyikan di balik bajunya.
“Yuliono diamankan membawa sajam oleh petugas saat menggelar razia gabungan antara Polsek Sumberpucung dengan Polsek Kromengan. Saat diamankan, tersangka bersama seorang rekannya dengan berboncengan motor,” kata Kapolsek Sumberpucung, AKP Widyaningsih.
Diuraikannya, sebelum mengamankan tersangka, petugas gabungan antar polsek rutin melakukan razia antisipasi kejahatan di pertigaan Karangkates. Secara kebetulan, tersangka berboncengan motor bersama seorang rekannya yakni Mamat dengan membawa senapan laras panjang (gotri).
Karena melintas dengan membawa kendaraan, laju motor pun dihentikan untuk dilakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan. Saat dihentikan dan diminta menunjukkan surat-surat itulah, Yuliono yang dibonceng terlihat menyembunyikan sesuatu dari balik baju. Sehingga, petugas pun meminta untuk menunjukkan.
Saat itulah, didapati sebilah belati. Guna pemeriksaan, tersangka langsung dibawa ke Mapolsek Sumberpucung. “Dalam pemeriksaan, tersangka mengaku kalau belati itu untuk jaga-jaga selama berburu. Hanya saja, karena secara hukum membawa sajam adalah bentuk larangan, maka terhadap tersangka tetap diamankan. Untuk sementara, pelaku hanya dikenakan wajib lapor dengan pertimbangan mengalami sakit maag kronis,” tambahnya. (sit/feb)