Nekat melakukan karena khilaf

BEJAT: Tersangka Yanto, ketika diinterogasi Kasubag Humas Polres Malang Kota.

MALANG – Berdalih selama enambelas tahun tidak pernah berhubungan badan, pasca istrinya meninggal, membuat Yanto, 51 tahun gelap mata. Warga Dusun Kauman, Desa Wonorejo – Pasuruan ini, nekat mencabuli Bunga (nama samaran), 16 tahun, warga Jalan Sumpil II Malang. Naifnya, Bunga adalah anak temannya sendiri yang sudah dianggap seperti saudara.
Imbas perbuatannya tersebut, Yanto, harus meringkuk di balik rutan Mapolres Malang Kota sejak akhir pekan lalu. Ia ditangkap petugas di rumahnya, setelah mendapat laporan dari keluarga korban. Ketika diamankan, tersangka mengakui semuanya perbuatannya. Ia nekat melakukan perbuatan bejat itu karena khilaf.
“Tersangka YT (Yanto) kami jerat dengan pasal 82 Undang-undang RI nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Ancaman hukumannya maksimal 15 tahun kurungan penjara,” terang Kasubag Humas Polres Malang Kota, AKP Nunung Anggraeni.
Dalam pemeriksaan penyidik Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) Polres Malang Kota, tersangka mengaku berbuat bejat kepada korban sebanyak tiga kali. Pertama dilakukan sekitar sebulan lalu di dalam dapur rumah korban. Saat itu tersangka datang ke rumah korban untuk bertemu dengan orangtua korban.
Namun yang dicari tidak ada. Di rumah hanya ada korban seorang diri. Entah setan apa yang merasukinya, ketika melihat rumah kosong tersangka lalu mengajak korban berhubungan badan. Tersangka merayu dengan mengiming-iming akan memberi uang.
Setelah perbuatan pertamanya lancar dan tidak ada yang tahu, dua minggu kemudian tersangka yang ketagihan mengulangi kedua kalinya. Modusnya sama datang ke rumah korban saat kondisi sepi. Selanjutnya dengan bujuk rayu korban dicabuli di ruang tamu rumahnya. “Usai mencabuli, korban diberi uang Rp 5 ribu,” ujar Nunung.
Dan perbuatan kali ketiganya pada 9 November lalu di sebuah rumah kosong tak jauh dari rumah korban. Tersangka yang datang ke rumah korban, mengajak ke rumah kosong. Selanjutnya, korban kembali dicabuli untuk kali ketiganya. Saat mencabuli ini, perbuatan tersangka diketahui anak-anak sekitar yang sedang bermain.
Kemudian kejadian itu dilaporkan kepada orangtua korban, yang selanjutnya diteruskan dengan melaporkan ke Polres Malang Kota. “Tersangka mengaku khilaf, karena mengaku sudah lama tidak berhubungan badan,” tuturnya.(agp)