Maling Rumah Janda, Bawa BH Korban

PAKISAJI - Sepandai-pandai tupai melompat pasti jatuh juga. Istilah itulah yang pas diarahkan kepada Suliadi, 21 tahun warga RT 02 RW07Desa Genengan, Kecamatan Pakisaji. Pelaku yang acapkali melakukan pencurian di kawasan Pakisaji itu, berhasil dibekuk setelah melakukan pencurian di rumah seorang janda, Nurul Amida, 42 tahun warga RT 03 RW 06Desa Genengan, Kecamatan Pakisaji.
Petugas mengamankan LPG, speaker aktif, VCD dan sepatu yang semuanya milik korban. Aksi pencurian itu, dilakukan tersangka pada Kamis (20/11) lalu.
“Terungkapnya aksi pencurian yang dilakukan tersangka, berawal dari barang bukti sepatu milik korban yang dibawa kabur tersangka. Secara kebetulan, sepatu itu ditinggal tersangka di sebuah rumah kosong. Dari sepatu itulah, kemudian dilakukan pengembangan dan berhasil menciduk tersangka,” ujar Kapolsek Pakisaji, AKP Amung Sri Wulandari.
Dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku, diketahui kalau ulah pencurian dengan sasaran rumah tetangganya tersebut, sudah kali kedua dilakukan. Aksi pertama, dilakukan pelaku pada Agustus lalu. Tersangka berhasil membawa kabur dua HP dan uang Rp 150 ribu.
“Saat kejadian pertama, korban tidak melaporkan peristiwa yang menimpanya,” terang Amung.
Suliadi dalam pemeriksaannya tidak mengelak dengan tuduhan yang diarahkan kepadanya. Dengan jujur tersangka mengatakan, juga melakukan pencurian di SMP Islam di Pakisaji, sekitar awal Oktober 2014. Dari pencurian itu, berhasil membawa kabur gitar listrik melodi.
“Peristiwa tersebut saya lakukan pada hari minggu. Kebetulan, penjaganya saat itu tidak ada. Selain mencuri gitar melodi, saya sebenarnya juga hendak membawa kabur gitar bass dan monitor. Hanya saja, saat akan mengambil kedua barang yang sudah dimasukkan ke dalam karung, penjaga sekolah sudah ada,” terangnya.
Disinggung mengenai aksi pencurian di rumah janda, Suliadi mengatakan, aksi pencurian pertama dilakukan saat rumah dalam kondisi kosong. Melalui pintu samping yang hanya di kunci memakai paku yang dibengkokkan, akhirnya berhasil masuk ke dalam rumah korban.
“Pencurian ke dua, saya lakukan saat korban sedang tertidur di dalam rumahnya tersebut. Dengan melalui pintu samping, saya juga berhasil membawa kabur BH korban,” tambahnya.(sit/aim)